Apa penyebab benjolan pada vagina?

S Info Penanya: S
Dok umur saya 19 tahun dan tiba tiba di labia sebelah kiri saya ada benjolan bulat kecil trus saya cari tahu melalui google katanya itu kista bartholin. Trus gk lama saya melakukan perawatan mengompres vagina saya memakai botol minum dan saya letak di vagina saya dok. Tetapi setelah 2hari benjolan itu menjadi kempis dan vagina saya terasa nyeri, kemudian esoknya sudah kluar cairan kental dari lubang vagina nya berwarna putih dan ketika vagina di pegang terasa sakit dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan di vagina merupakan suatu kondisi yang dialami oleh beberapa wanita. Gejala ini dipengaruhi karena kondisi vagina yang bisa berubah-ubah. Pada umumnya, benjolan di vagina bisa hilang dengan sendirinya, tapi ada juga yang menetap. Benjolan ini kadang berisi nanah dan tidak disertai rasa nyeri sehingga sulit untuk disadari keberadaannya.

Ada beberapa penyebab munculnya benjolan di vagina, yaitu:

Terkait kondisi yang Anda alami ini, kemungkinan penyebabnya bisa karena salah satu kondisi medis diatas. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter agar diperiksa lebih lanjut dan diberikan terapi yang tepat. Walaupun sudah keluar cairan kental dari vagina, bukan berarti tidak akan terjadi infeksi. Jadi, sebelum infeksi semakin meluas, harus segera diobati. 

Untuk penanganan awal di rumah, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri (ibuprofen atau paracetamol) jika masih nyeri di area vagina, membersihkan area benjolan dengan kassa steril dan antiseptik, dan bisa juga dibantu dengan kompres air hangat.  

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.