Kista ovarium pada saat hamil, amankah?

A Info Penanya: A, Pria, 29 Tahun
Siang Dok,Istri saya sedang hamil 8 bulan, hasil USG terdapat kista. Apakah kista Itu berbahaya? Apabila kistanya dioperasi setelah melahirkan secara normal apakah boleh? Karena Dokternya menyarankan agar dilahirkan secara operasi Caesar sekaligus langsung operasi kistanya?Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak A,

Kista adalah adanya kantong tidak normal berisi cairan dan dapat berada dimana saja didalam tubuh manusia, dari kulit sampai ke otak.

Untuk kista yang Bapak maksudkan adalah kista ovarium yang umumnya terletak di indung telur (ovarium) dan saluran telur. Kondisi berbahaya pada kista ovarium adalah dengan adanya kehamilan dan pengaruh hormon-hormon kehamilan maka kista akan membesar. Pembesaran kista ini menyebabkan dinding kantong kista menipis dan mudah pecah. Cairan kista yang pecah spontan ataupun akibat tindakan operasi yang tidak hati-hati akan menyebabkan perlengketan pada organ sekitar sperti usus dan organ dalam perut lainnya dan dapat membahayakan jiwa Pasien.

Kista yang membesar saat kehamilan dapat menghambat dan mendorong posisi janin dalam kandungan sehingga janin dapat berada dalam posisi tidak normal sehingga perkembangan janin dapat terhambat, sehingga lebih lanjut menghambat janin pada proses kelahiran secara normal. Untuk itu melahirkan secara normal dengan kista tidak diajurkan secara medis oleh Dokter.

Kondisi lain yang ditakutkan adalah kista yang terpuntir karena letaknya di saluran telur, akibat desakan dari janin dalam kandungan dan pergerakan lainnya. Kista terpuntir ini mengakibatkan rasa sakit yang sangat kepada penderitanya dan merupakan salah satu masalah kegawatdaruratan dalam bidang Obtstetri Ginekology dan harus segera dioperasi.

Keputusan untuk melahirkan secara operasi sectio caesaria dan langsung dilakukan pengangkatan terhadap kista pada satu saat yang bersamaan tentunya sudah didasarkan pada pengamatan dan observasi yang ketat selama kehamilan oleh Dokter yang merawat.

Perlu diperhatikan bahwa bila tiba-tiba istri mengeluh sakit perut melilit yang amat sangat dan tak tertahankan, ditakutkan kista pecah atau terpuntir. Istri harus segera dibawa ke UGD Rumah Sakit terdekat untuk segera mendapat penanganan medis secepatnya.

Semoga istri dan bayi sehat selalu sampai saatnya melahirkan nanti.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan ternyata berguna untuk membersihkan sistem reproduksi wanita dari sel-sel mati dan bakteri

Keputihan Saat Hamil: Normal atau Tidak?

Keputihan normal terjadi pada masa kehamilan, namun Anda perlu tahu bahwa hal tersebut tidaklah selalu normal. Keputihan normal disebut sebagai leukorea, yang memiliki ciri tipis, bening, serta berbau ringan. Keputihan yang tidak normal, dapat disebabkan oleh infeksi jamur pada vagina.