Kista ovarium menghambat kehamilan?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 27 Tahun
Siang Dok, Saya diinformasikan dokter memiliki kista fungsional di ovarium. Apakah berbahaya dan mempengaruhi untuk memiliki momongan? Saya menikah tanggal 1 juli 2017, setelah menikah harusnya saya haid pada tanggal 6 Juli 2017 namun haid saya mundur sampai di tgl 12 juli 2017. Bulan selanjutnya tanggal haid saya maju 9 agustus 2017. Kemudian saya memutuskan untuk ke Dokter kandungan dan saya dikasih vitamin untuk kesuburan. Bulan sepetember hingga desember 2017 haid saya tidak teratur tanggalnya. Kemudian di 6 Januari 2018 saya haid dan sesuai siklus saya yang normal. Dihaid tanggal 6 januari 2018 saya mengalami dilep (sakit perut saat haid) padahal biasanya tidak pernah dilep. Saya haid tiga hari keluar darah dan hari ke 5 sudah bersih. Dihari ke 5 tersebut saya berhubungan intim dengan suami. Dua hari yang lalu saya melakukan USG karena saya mengalami mual dan pusing. Setelah di USG memang dinyatakan dokter belum hamil, namun terdapat kantung disebelah kiri yang diameternya 2,76 cm yang diinformasikan oleh dokternya bahwa itu kista fungsional. Saya mau menanyakan apakah kista tersebut berbahaya? apakah mempengaruhi untuk memiliki momongan?, dan bagaimana cara dan saran untuk mengatasinya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu RA,

 

Ibu sangat teliti dalam hal mencatat dan mengingat siklus haid yang Ibu alami, hal ini bagus untuk Ibu.

 

Siklus haid dihitung sejak hari pertama haid saat ini sampai hari pertama haid berikutnya. Umumnya rata-rata wanita memiliki siklus haid 28 hari, namun ada juga yang sampai 30 hari. Tidak semua wanita memiliki siklus haid yang tetap, dan hal ini juga tidak selalu disebabkan oleh adanya penyakit tertentu. Siklus haid umumnya menetap setelah wanita hamil dan melahirkan.

 

Adalah normal jika dalam hidupnya wanita mengalami siklus yang berubah dan tidak teratur karena siklus haid sangat dipegaruhi oleh faktor luar dan faktor dalam tubuh wanita.

Siklus haid tidak berhubungan dengan kesuburan seorang wanita, artinya belum tentu wanita dengan siklus haid tidak teratur akan mandul, atau sebaliknya belum tentu wanita dengan silkus haid teratur akan selalu subur dan dapat hamil dengan mudah. Infertilitas dan kemungkinan untuk hamil ditentukan oleh kualitas sel telur dan kualitas sperma, jadi merupakan kombinasi peranan pasangan suami istri.

 

Kista ovarium dapat dibagi dalam dua kelompok besar sesuai jenisnya yaitu :

  • Kista Fisiologis
  • Kista Patologis

 

Kista fisiologis atau kista normal adalah kista yang tumbuh akibat pengaruh hormon wanita dan kebanyakan kehadiran kista ini tidak disadari dan akan hilang dengan sendirinya. Jadi Ibu tidak perlu khawatir.

 

Kista patologis adalah kista abnormal yang dapat berbahaya sehingga sebaiknya dikonsultasikan dengan Dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Kista fisiologis  tidak mempengaruhi kemungkinan untuk kehamilan, lakukan usaha sehat dengan minum suplemen kesuburan dan lakukan hubungan suami istri paling banyak tiga kali seminggu. Bila sampai usia pernikahan satu tahun dan Ibu belum hamil juga, baru disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan lengkap untuk Ibu dan suami.

 

Hindari terlalu stress dengan beban pikiran harus segera hamil, sebaiknya jalani kehidupan pernikahan yang baru dimulai dengan kegembiraan dan bangun hubungan yang lebih intim dengan suami, kehamilan akan segera menyusul Ibu.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu posisi seks terbaik saat hamil adalah wanita di atas

6 Posisi Seks Terbaik Saat Hamil

Berhubungan seks saat hamil relatif aman untuk dilakukan oleh pasangan. Posisi seperti wanita di atas dan spooning direkomendasikan karena memberikan kenyamanan pada ibu hamil.