14 Nov 2020, 22:19Kandungan

Kista ovarium dan endometriosis

RD
Info Penanya: RD, Pria, 23 Tahun
Selamat malam dok, saya mau bertanya, apakah kista endometriosis itu berbahaya atau tidak. Dan kenapa kadang terasa nyeri yang hebat, kemaren ke RS enggak dikasih obat preda sakit, karena sakitnya tidak tertahan, saya langsung ke bidan Deket rumah untuk minta obat pereda nyeri dok, akhirnya kalau saya merasa sakit, minum obat tsb langsung reda drastis dok sakitnya.. Kmaren dokter di RS nya ngomong kalau sudah enggak sakit ga perlu kontrol lagi, apkah itu prtanda klau kista saya gak bahaya y dok?
465 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RD,Kista endometriosis adalah adanya kantung berisi cairan yang terbentuk akibat jaringan endometrium tumbuh pada ovarium. Kondisi ini bisa terjadi akibat endometriosis atau pertumbuhan jaringan endometrium yang tidak normal yang tidak ditangani. Kondisi ini bisa menyebabkan beragam gejala seperti:
  • Gangguan haid terutama nyeri haid yang berlebihan
  • Rasa sakit saat berhubungan seksual
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Gangguan siklus menstruasi
  • Peradahan berlebihan saat mens atau diluar siklus menstruasi
  • Menyebabkan sulit hamil atau ketidak suburan
  • Bisa menyebabkan anemia atau kekurangan darah
Untuk itu jika mengalami adanya endometriosis dan terbentuk adanya kista endometriosis perlu dipastikan lebih lanjut pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Penanganan sendiri sering kali memerlukan tindakan medis seperti prosedur pembedahan atau operasi salah satunya dengan laparoskopi.Obat perada nyeri sendiri memang bisa mengurangi gejala yang timbul, tetapi selama penyebabnya masih ada, dapat kembali kambuh dan berulang. Jika belum dilakukan USG ataupun tindakan lain maka sebaiknya segera kembali memeriksakan diri. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan organ intimperawatan kesuburanmasalah reproduksiendometriosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil