Kista didalam perut?

O9 Info Penanya: O9, Wanita, 21 Tahun
Dl waktu kelas 2Smp saya masuk rumah sakit terus di diagnosa ada kista. Sekarang saya sdh semester 7 lantas kista itu masi ada waktu dilakukan pemeriksaan USG. Dokter dan rumah sakit yg tempat saya periksapun berbeda. Apakah kista tidak kenapa2 jika sdh bertahun2 didalam perut dok? Saya sering merasakan berdenyut didalam perut. Semoga secepatnya dijawab yah dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam O,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Bisakah dijelaskan kista didalam perut apakah kista di ovarium? Dan apa tahu ukurannya?

Kista ovarium adalah benjolan yang tumbuh didalam jaringan yang normal. Kista berisi cairan . Sebagian kecil kista ovarium berukuran kecil tidak akan menimbulkan gejala dan kebanyakan dari studi kasus, kista ovarium tidak berbahaya dan dapat hilang sendiri. Keluhan akan muncul jika kista membesar, pecah dan menutupi aliran ke ovarium. Gejala yang ditimbulkan: sering buang air kecil, nyeri saat buang air besar, perut kembung, perubahan siklus menstruasi, mual, muntah, nyeri pada payudara, nyeri panggul sebelum menstruasi atau selama menstruasi dan kadang nyeri akan menyebar sampai punggung bawah dan paha. Penyebab kista pada wanita disebabkan oleh genetik, infeksi, dan peradangan. Disarankan untuk segera konsul ke dokter kandungan untuk mecegah kista bertambah besar dan pecah. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kista ovarium adalah penyakit organ reproduksi yang dapat menimbulkan nyeri dan perdarahan

Kenali Penyebab dan Gejala Kista Ovarium Berikut Ini Sebelum Terlambat

Kista ovarium terjadi akibat terbentuknya kantung yang berisi cairan di ovarium atau indung telur. Penderita kista ovarium biasanya merasakan gejala berupa nyeri di area perut, perut terasa kembung, dan nyeri di bawah punggung.