Kista di rahim apakah solusinya?

FA Info Penanya: FA, Pria, 30 Tahun
Ini dok..baru" ini istri sya melakukan USG krn pendarahan haidnya...dan ternyata setelah USG dokter menemukan penyakit kista seukuran 2 cm...pertanyaan sya..Apakah kista itu akan membuat si penderita akan susah hamil lgi...???Apakah kista itu akan membesar di dlm perut istri sya...???Terus minta tolong dok...obat apakah yg cocok utk penyakit seperti itu...???Krn kata si dokter...istri sya di anjurkan utk kontrol 3 bulan sekali....Apakah tdk akan apa" jika terlalu lama begitu....???Tindakan apa yg harus istri sya lakukan utk menghilangkan penyakit tsb....????Terima kasih......!!!!!
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Kista ukuran 2 cm tidak terlalu besar, tergantung dengan lokasinya apakah menghambat kehamilan. Dokter menyarankan 3 bulan karena kista di rahim terpengaruh oleh hormon istri Anda, saat menstruasi dia akan mengecil. Dan mungkin saja dalam 3 bulan sudah tidak ada. Cara menghilangkan kista bisa dengan terapi hormon atau tindakan operasi, keputusannya akan ditentukan setelah 3 bulan istri anda kontrol.

Sebelum Anda kontrol dengan Dokter Kandungannya, Anda bisa membaca artikel mengenai kista ovarium untuk mendapat informasi tambahan. Saat Anda kontrol dengan beliau, pastikan Anda mendapat penjelasannya yang cukup tentang penyebab kistanya dan cara penanganannya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.