Kista coklat diindung telur

MH Info Penanya: MH, Pria, 31 Tahun
Dear Dokter,Setelah diperiksa USG ternyata ada kista coklat diindung telur kiri isteri saya. Waktu itu akhirnya dioperasi kistanya, tapi setelah operasi siklus mensnya jadi tidak teratur yang awalnya 28 hari sekarang 23 kadang 26 atau pernah 30 hari. Akibatnya mau prediksi masa suburnya jadi sulit. Istri sekarang usianya 28th, sudah menikah 2 tahun. Tahun pertama isteri sempat hamil, tapi keguguran, waktu kehamilannya 3 bulan. Tipsnya bagaimana ya, Dok, supaya istri bisa cepat hamil? Dan bagaimana cara mengetahui masa subur serta cara berhubungan yang bagus agar peluang hamilnya lebih besar? Terima kasih, Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam Bapak M,

Pada wanita dengan sepasang indung telur lengkap, setiap indung telur akan bergantian mengeluarkan 1 sel telur matang yang siap dibuahi sperma setiap bulannya. Sedangkan pada wanita yang hanya memiliki 1 indung telur, jika tidak ada hambatan pada proses pelepasan sel telurnya dan siklus menstruasinya masih berjalan seperti biasa, kehamilan tetap dapat tercapai. 

Untuk siklus menstruasi, akan tergantung dari hormon yang diproduksi oleh sel telur, sehingga apabila sel telur hilang satu, maka siklus menstruasi juga bisa berubah.

Cara perhitungan masa subur untuk wanita dengan siklus menstruasi tidak sama setiap bulannya. Untuk wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur, masa subur dapat dihitung menggunakan metode kalender yang dikenal dengan nama Metode Kalender Ogino – Knaus. Perhitungannya adalah :

  • Catat data mens selama 6 sampai 12 bulan terakhir untuk mengetahui berapa hari siklus mens tersingkat dan terpanjang berlangsung.
  • Awal masa subur ditentukan dengan mengurangi jumlah hari siklus mens tersingkat dengan 18 hari
  • Sedangkan akhir masa subur ditentukan dengan mengurangi jumlah hari siklus mens terpanjang dengan 11 hari.
  • Contoh : selama 6 sampai 12 bulan terakhir, ternyata siklus tersingkat adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Maka, 26 – 18 = 8 dan 31 – 11 = 20. Jadi, perkiraan masa subur berlangsung dari hari ke 8 sampai hari ke 20.

Jika siklus haid teratur, masa subur berlangsungkurang lebih pada hari ke 14 dari mens berikutnya artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal mens yang akan datang. 

Masa subur juga dapat dihitung menggunakan metode kalender dengan menghitung masa subur dan prasubur, seperti di bawah ini:

  • Masa subur = hari terakhir mens +13 hari
  • Masa pra subur = masa subur – 3 dan masa subur + 3
    Contoh : Misal hari terakhir mens tanggal 10, maka tanggal masa subur adalah 23. Masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

Sedangkan, untuk tips agar istri Bapak cepat hamil, berikut beberapa langkah yang dapat dicoba:

  1. Melakukan hubungan badan secara teratur setiap 2 atau 3 kali seminggu dengan selang 1 hari. 
  2. Untuk memperbesar kesempatan hamil, lakukan hubungan badan saat istri sedang berada dalam masa subur.
  3. Hindari stres secara fisik maupun mental.
  4. Anda dan pasangan juga disarankan untuk memeriksakan kembali kondisi kesehatan reproduksi ke dokter spesialis kandungan. 
  5. Saling mendukung secara moral antara suami dan istri, sehingga timbul perasaan aman dan kepercayaan dalam hubungan suami istri.
  6. Makan makanan yang banyak mengandung Vitamin E seperti, minum suplemen vitamin E dan Suplemen Asam Folat.
  7. Jangan terlalu memaksakan diri ataupun pasangan untuk mendapatkan momongan. Hal ini dapat menghilangkan kebahagiaan dalam hubungan dengan pasangan.

Menurut hemat saya, karena istri sudah pernah hamil sebelumnya, maka kemungkinan untuk hamil lagi cukup besar apalagi usia istri yang masih sangat muda. Kami sarankan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan terdekat, untuk konsultasi lebih lanjut.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi ini dilakukan untuk kista ovarium yang tak kunjung hilang.

2 Operasi yang Bisa Anda Jalani untuk Penyembuhan Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantong atau benjolan berisi cairan di ovarium. Dalam kebanyakan kasus, kista tidak menimbulkan gejala. Ada dua jenis operasi dengan anesti umum yang digunakan untuk mengangkat kista ovarium, yaitu laparoskopi dan laparotomi.