01 Nov 2020, 12:03Penyakit Lainnya

Bagaimana cara menangani kista ateroma?

AS
Info Penanya: AS, Wanita, 20 Tahun
Selamat siang dok,, saya mau nanya jadi sblmnya temen saya ngalamin benjolan didada dgn diagnos kista ateroma, itu sudh dioperasi, stlah dioperasi luka membaik, dan jahitan pun dicabut sma dok tsb.. stlah dicabut benang jahitannya aneh ya ko malah benjol warna merah gitu agak besar lg seperti sblmnya, cuma yg skrg ini transparan benjol nya itu gmna ya dok nanganinnya,, terima kasih dok.. ?
453 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertayaan AndaKista ateroma merupakah suatu benjolan berupa kantung yang berisi minyak yang terjadi karena adanya sumbatan pada kelenjar minyak pada kulit. Selain karena adanya sumbatan pada kelenjar minyak, kista ateroma juga bisa terjadi karena adanya faktor keturunan (genetik), kerusakan pada kelenjar minyak ataupun karena adanya kerusakan pda sel-sel kulit. 

Adapun beberapa tindakan yang dilakukan untuk menangani kista ateroma adalah:

  • Tindakan insisi
  • Tindakan injeksi, yaitu suntikan yang digunakan untuk membantu mengatasi peradangan pada kelenjar minyak
  • Laser
  • Pembedahan (operasi minor)
Terkait dengan pertanyaan Anda, jika teman Anda terdiagnosa kisa ateroma dan sudah dilakukan tindakan operasi kemudian luka menutup dan dilakuan pelepasan jahitan. Saat ini mengeluhkan adanya benjolan pada luka, maka kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti kista ateroma berulang, keloid, infeksi pada luka paska operasi. Untuk itu, sebaiknya lakukanlah kontrol kembali ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan terkait dengan keluhan tersebut. Tindakan sementara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan area luka, hindari mengorek luka, tetap konsumsi makanan sehat bergizi, konsumsi buah dan sayur dan minum air putih cukup.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan kulitkistainfeksi luka pasca operasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil