Gatal dan bentol pada seluruh badan, bagaimana menghilangkannya?

KN Info Penanya: KN, Wanita, 1 Tahun
Dok saya kenapa ya ya dok,uda 3 hari badan saya gatal" udah gitu bentol"dok gatal nya ga ke tahan kira"itu kenapa ya dok dan tolong berikan solusi nya dan cara menghilangkan nya....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KN,

Gatal pada tubuh adalah keluhan yang bisa timbul karena reaksi tubuh terhadap alergen, biduran, infeksi kulit seperti infeksi bakteri, jamur ataupun parasit seperti kutu, gigitan serangga, biang keringat dan lainnya. Gatal juga bisa disertai adanya ruam pada kulit dan gejala seperti kulit menjadi bentol, timbul koreng, timbul bintik pada kulit dan lainnya.

Beragam pemicu alergi yang menyebabkan gatal-gatal

Alergi sendiri bisa dipicu oleh beragam hal seperti:

  • Debu
  • Udara dingin atau panas
  • Paparan bahan kimia seperti sabun atau detergen
  • Bahan pakaian tertentu
  • Alergi makanan
  • Alergi obat
  • dan lainnya.

Jadi kalau saat ini sedang timbul gatal dan bentol pada tubuh, bisa ceritakan pada orang tua agar diberikan obat pereda gatal atau alergi seperti obat antihistamin. Bisa juga kompres kulit yang bentol dengan kompres dingin, gunakan gel lidah buaya atau gunakan losion kalamin untuk membantu mengatasi gatal.

Perhatikan apa yang jadi pencetus gatal dan hindari. Usahakan agar tidak banyak berkeringat dan tetap di ruangan yang sejuk. Jika gatal tetap timbul, minta pada orang tua agar diperiksakan pada dokter dan diberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat salep antiinflamasi nonsteroid, kortikosteroid, antibakteri, tacrolimus dapat membantu mengurangi gatal dan kemerahan akibat peradangan kulit

Pilih Jenis Salep Eksim yang Tepat untuk Atasi Gangguan di Kulit

Eksim adalah peradangan kulit berupa gatal, kemerahan, dan pecah-pecah. Kondisi ini dapat diobati dengan salep antiinflamasi nonsteroid atau kortikosteroid yang diresepkan oleh dokter.