Apakah bisa terjadi kehamilan jika berhubungan tanpa KB?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 1 Tahun
Slmat sore dok jdi gni dok sya lhiran udah 2 blan 2minggu sya brhbngan dngan suami tanpa kb apa mngkin bsa hmil dok tpi sprma buang luar dok ap mngkin bsa hmil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FF,

Jika berhubungan seksual tanpa KB kemungkinan untuk hamil bisa terjadi, tapi peluangnya bisa beragam seperti dipengaruhi oleh cara berhubungan seksual misalnya dilakukan senggama terputus atau ejakulasi diluar, melakukan hubungan tidak di masa subur, ataupun ada tidaknya masalah kesuburan pada suami atau istri.

Jika melakukan senggama terputus atau ejakulasi diluar, memang bisa menurunkan kemungkinan hamil. Tapi metode ini bisa jadi kurang efektif jika selama melakukan hubungan seksual ada cairan preejakulasi maka kemungkinan bisa terjadi kehamilan. Cairan preejakulasi sendiir merupakan cairan yang bisa keluar dari penis pria saat melakukan hubungan seksual, cairan ini bisa saja mengandung sel sperma sehingga bisa menimbulkan kemungkinan hamil.

Apabila baru melahirkan dan masih belum ingin segera kembali hamil, ada baiknya bisa menggunakan metode kontrasepsi. Beberapa metode yang dapat digunakan selama menyusui diantaranya adalah:

  • Pil KB
  • KB implan
  • KB iud
  • KB suntik 

Sebelum menggunakan kontrasepsi ada baiknya memastikan terlebih dahulu apakah terjadi kehamilan atau tidak. Untuk sementara bisa menggunakan kontrasepsi seperti kondom untuk mencegah kehamilan. Periksakan menggunakan testpack ataupun bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika terlambat menstruasi ataupun tidak juga haid setelah melakukan hubungan seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

bagaimana cara memakai kondom yang benar sebelum seks

Cara Memakai Kondom yang Benar Agar Tidak Hamil dan Tertular Penyakit Kelamin

Agar tidak "kebobolan" hamil, pakailah kondom saat berhubungan seks. Kondom juga bisa cegah risiko tertular penyakit. Bagaimana cara memakai kondom yang benar?