21 Dec 2020, 20:10Pernapasan

Penyebab kehilangan penciuman selain virus corona

LL
Info Penanya: LL0
Halo dok saya Lely umur 26 puxa anak 2... Selama satu Minggu saya demam dok (klo makan semua terasa pahit) Hari ke 8 Indra penciuman saya agak berkurang (saya tidak pilek) Saya menggoreng bawang dan aroma bawangnya tidak tercium samasekali. Dan Indra perasa saya kayak ada masalah (semua makanan yang terasa hanya rasa asinnya saja) Mohon solusinya dok
575 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo L,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Imun tubuh yang menurun atau tidak optimal membuat virus, bakteri, dan kuman lebih mudah masuk dan menginfeksi tubuh. Pandemi virus corona yang tesebar di seluruh dunia dengan penularan yang cepat melalui percikan air liur, batuk, dan bersin serta udara yang mengandung virus corona, dapat terhirup masuk ke saluran nafas serta paru-paru.

Gejala virus corona yang sering muncul pada seseorang

Setiap orang mempunyai gejala yang berbeda-beda, bahkan banyak diantaranya tidak memberikan gejala apa-apa namun dapat menularkan orang lain. Rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker serta mencuci tangan, menyebabkan penyebaran virus ini semakin terus bertambah. Gejala virus corona yang sering muncul pada seseorang antara lain adanya batuk kering, demam ringan maupun tinggi, diikuti kesulitan bernafas. Gejala lain yang sering muncul adalah hilangnya penciuman walau tidak ada polip hidung ataupun batuk pilek sebelumnya. Gejala lain yang sering muncul diantaranya adalah kehilangan rasa. Semua makanan terasa hambar sehingga menurunkan nafsu makan.

Penyebab kehilangan penciuman selain virus corona

Penyebab kehilangan penciuman selain virus corona diantaranya karena trauma atau benturan pada hidung, tumor yang menekan saraf penciuman, atau pecahnya pembuluh darah otak akibat stroke. Polip hidung dan pembesaran konka hidung juga dapat menganggu penciuman. Untuk itu, segera periksa diri Anda ke dokter, baik pemeriksaan rapid test antigen ataupun pemeriksaan test swab PCR. Tetap patuhi protokol kesehatan yang ada dengan menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker dengan benar baik di luar maupun di dalam rumah, dan makan makanan bergizi yang meningkatkan sistem imun tubuh.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil