Khasiat masker herbal untuk hidung mampet

W Info Penanya: W, Wanita, 31 Tahun
Dok, saya punya keluhan hidung mampet sebelah tapi tidak ada ingusnya. Nafas sering sedikit sesak. Sudah berobat tapi tak kunjung sembuh. Kemarin saya baca-baca ada masker terapi yang mengandung aroma ekstrak herbal untuk meredakan flu. Apakah masker terapi ini mampu meredakan gejala hidung mampet saya dok? Mohon penjelasannya dok. Makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MN.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hidung mampet adalah keadaan ketika jaringan pada hidung dan pembuluh darah disekitarnya mengalami pembengkakkan atau dipenuhi cairan sehingga menyumbat jalur pernapasan. Hidung mampet ini dapat disertai cairan maupun tidak. Faktor penyebabnya dapat beragam, namun umumnya terjadi ketika terdapat sesuatu apapun yang mengiritasi dan memicu pembengkakan jaringan hidung.

Berikut beberapa faktor penyebab dari hidung mampet yang dapat terjadi :
  • Alergi
  • Sinusitis akut atau kronik
  • Pilek dan flu
  • Penggunaan semprotan hidung dekongestan yang berlebihan
  • Adanya deviasi septum (tulang yang membatasi rongga hidung)
  • Penyalahgunaan obat-obatan dan kecanduan narkoba
  • Udara yang kering
  • Adanya benda asing di hidung
  • Perubahan hormonal tertentu
  • Jenis obat-obatan tertentu
  • Polip hidung
  • Rhinitis non-alergi
  • Dan lain-lainnya

Terkait dengan keluhan hidung mampet pada Anda yang tidak disertai cairan atau ingus, mungkin disebabkan oleh keadaan alergi, sinusitis dan penyumbatan oleh polip atau adanya deviasi septum hidung. Namun untuk memastikan penyebabnya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan mengenai pertanyaan Anda tentang masker terapi, pada dasarnya aroma terapi yang berasal dari minyak esensial organik yang asli memang berkhasiat dan jenis tertentu dapat mengatasi permasalahan gangguan pernapasan. Namun, untuk masker yang beredar saat ini diperlukan riset lebih lanjut untuk memastikan keefektifan dan keamanan penggunaan jangka panjangnya.

Sebaiknya, Anda mengonsultasikan lagi keadaan Anda ke dokter Spesialis THT agar lebih akurat baik diagnosis maupun penanganannya. Apabila memang keluhan yang Anda alami benar merupakan gejala dari sinusitis, dokter mungkin akan menyarankan beberapa metode pengobatan untuk memperlancar saluran hidung, mengurangi radang dan menghilangkan akar penyebabnya, dengan semprotan hidung yang berisi cairan saline dan obat anti radang, antibiotik jika diperlukan, imunoterapi dan prosedur operasi sebagai pilihan terakhir apabila jenis pengobatan lain tidak lagi efektif.

Untuk sementara, Anda dapat mencegah faktor-faktor pemicu seperti paparan asap rokok atau polusi udara, hindari sumber infeksi dengan senatiasa mencuci tangan dengan rutin menggunakan sabun, menggunakan pelembap ruangan di rumah, dan menghindari faktor lainnya yang mungkin Anda sadari dapat memicu kambuhnya hidung mampet pada Anda, seperti udara dingin.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beres-beres rumah ala Marie Kondo ternyata bisa tingkatkan kesehatan fisik dan mental.

5 Manfaat Kesehatan Metode KonMari, Merapikan Rumah ala Marie Kondo

Terlepas dari tren beberes a la Marie Kondo, menjaga kerapian rumah memang terbukti secara ilmiah, bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, segera mulai kebiasaan baik ini.