Khasiat Madu pada Penderita TB

DD Info Penanya: DD, Pria, 2019 Tahun
Apakah penderita TB wajib atau harus meminum madu?trimakasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, DD

Pada penderita TBC tidak diwajibkan untuk minum madu. Madu bersifat sebagai suplemen dan memiliki khasiat untuk penderita batuk, diabetes, kolesterol, asma dan alergi. Madu juga digunakan sebagai sumber karbohidrat pada seseorang yang kurang gizi. Sering kali madu digunakan untuk pengobatan luka pada kulit.

Beberapa kandungan zat kimia pada madu dapat membunuh bakteri dan jamur tertentu. Penggunaan madu pada penderita TBC lebih untuk mengatasi keluhan batuk. Karena kuman TBC ditularkan melalui udara saat penderitanya batuk.

Penggunaannya dalam mengurangi batuk, diperkirakan karena rasanya yang manis menyebabkan bertambahnya produksi air liur. Sehingga pengeluaran lendir menjadi lebih mudah dan meredakan batuk itu sendiri. Terutama pada pasien anak >1 tahun bisa diberikan 1 sendok teh madu sebelum tidur untuk mengatasi batuk.

Semoga penjelasan saya bermanfaat,

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor risiko utama dari penyakit batuk kronis adalah kebiasaan merokok

Hati-hati, Kebiasaan Merokok Bisa Sebabkan Batuk Kronis!

Rokok telah lama diketahui dapat memberikan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah batuk. Bahkan, merokok bisa berujung pada batuk kronis. Batuk dikategorikan kronis apabila tidak kunjung sembuh selama 8 minggu. Tembakau di dalam rokok memiliki sejumlah zat kimia yang berbahaya bagi tubuh tertutama untuk saluran pernafasan dan peradangan dalam tubuh.