Khasiat daun salam untuk asam urat

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Siang dok, saya ada diabetes dan asam urat. minggu lalu teman saya menyarankan makan daun salam katanya bisa untuk menurunkan kadar gula. setelah beberapa hari muncul bengkak di kaki sepertinya asam uratnya kambuh. apakah daun salam memperparah asam urat? cara pengobatannya bagaimana kalo sudah terlanjur? terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Asam urat adalah salah satu kristal yang terbentuk akibat makanan dengan kandungan tinggi purin dan sering mengendap pada persendian sehingga menimbulkan keluhan nyeri, bengkak, kemerahan, dan kekakuan pada sendi-sendi yang terjadi secara mendadak.

Daun salam adalah salah satu herbal yang dipercaya dapat menurunkan kadar gula, kolesterol, asam urat, tekanan darah serta baik untuk gangguan pencernaan seperti diare. Namun sampai saat ini perihal penggunaan bahan-bahan herbal tersebut belum disertai dengan penelitian pasti mengenai takaran dan berapa lama boleh dikonsumsi.

Menurut beberapa sumber, pemakaian daun salam untuk mengatasi asam urat bisa dengan cara merebus 10 lembar daun salam dengan beberapa gelas air, dan diminum sehari 2 kali. Hindari mengonsumsi dalam jangka waktu lama dan jangan lupa selalu kontrol kadar asam urat Anda secara berkala.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kaki Anda yang bengkak adalah kompres dengan es batu dan segera cek kadar kolesterol, asam urat Anda, minum paracetamol untuk meredakan nyerinya, serta hindari makanan dengan kandungan tinggi purin.

Bila keluhan berlanjut, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam urat di apotek membantu redakan nyeri tak tertahankan hingga pembengkakan.

Beragam Obat Asam Urat Ini Bisa Anda Temukan di Apotek

Beragam obat asam urat di apotek yang berguna menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan kembali, seperti OAINS, kortikosteroid, allopurinol, probenecid, dll.