Keguguran tapi kenapa tes pack masih 2 garis?

TR Info Penanya: TR
Dok, tanggal 9 Agustus sy mnum obt kggrn krna tuntutan pkrjaan dok, sblm mnum obt itu sy msih mesin mual2, yang keluar pertama darah tdk trllu bxk, lalu 2 jm kmdian kluar gumpalan darah klo di senter warnanya putih cmpur darah trus stlah itu bskx sy tdk merasa lemas lg sudah sprti normal tubuh sy, pendarahannya cuma 2 hari itupun sedikit, lalu sy tespek ulang tanggal 3 ini hasilnya positif samar2. Apakah sy k guguran dok, tp hasil tespek msih positif samar2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TR,

Tes pack adalah pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi adanya kehamilan berdasarkan kadar hormon kehamilan yang ada di dalam urin. Hormon kehamilan ini biasanya muncul saat wanita sudah 1 minggu terlambat haid, dan akan semakin bertambah kadarnya selama trimester pertama. Oleh karena itu bila seseorang terlambat haid dan langsung tes pack maka seringkali menunjukkan hasil negatif karena kemungkinan kadar hormon kehamilannya masih sangat sedikit, sehingga tidak terdeteksi dan seolah-olah negatif.

Perihal kondisi Anda yang sudah keguguran dan tes pack masih menunjukkan 2 garis namun samar, maka hal tersebut wajar saja. Karena hormon kehamilan akan hilang dari tubuh membutuhkan waktu antara 2-4 minggu meski di rahim sudah tidak ada janin. Namun bila Anda kurang yakin, maka lakukan USG ke dokter kandungan untuk memastikan sudah tidak ada janin atau sisa-sisa jaringan di dalam rahim.

Bila Anda memang tidak siap untuk hamil, maka sebaiknya gunakan KB untuk mencegah kehamilan. Karena janin yang digugurkan tentu memiliki risiko untuk kandungannya sendiri selain dari segi agama berdosa karena sudah membunuh janinnya. Anda bisa memilih penggunaan kontrasepsi seperti pil KB, suntuk KB, IUD, atau implan sesuai dengan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memasuki usia hamil 38 minggu artinya sudah sebentar lagi Anda akan menjalani proses persalinan

Hamil 38 Minggu, Begini Kondisi Bayi dan Gejala yang Dirasakan Ibu

Hamil 38 minggu berarti Anda telah memasuki trimester akhir kehamilan. Bayi dalam kandungan telah banyak mengalami perkembangan. Ibu hamil juga akan merasakan beberapa gejala seiring dengan semakin dekatnya waktu persalinan.