Belum juga haid setelah melakukan hubungan

DY Info Penanya: DY, Wanita, 22 Tahun
Permisi dok.Saya mau tanya. Saya terakhir haid bulan Juli tanggal 28 dan berakhir pada 4 Agustus. Saya melakukan hubungan tanggal 13 Agustus dengan sperma dikeluarkan di luar vagina. Namun hingga 13 September ini saya belum haid. Saya tespact hasil nya negatif. Kira-kira kenapa dok? Dan adakah obat untuk segera mendatangkan haid ? Terimakasih banyak ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DYF,

Terlambat datang bulan adalah gejala yang sering dialami oleh wanita, penyebabnya sendiri cukup beragam, bisa karena masalah hormonal, tanda hamil, sampai adanya masalah di organ reproduksi.

Apabila sebelumnya ada riwayat melakukan hubungan seksual tetapi tidak terjadi ejakulasi di dalam vagina, sebenarnya peluang untuk bisa hamil tetap ada apabila berhubungan tidak menggunakan pengaman atau kontrasepsi.

Peluang hamil bisa terjadi apabila saat melakukan hubungan seksual ada cairan preejakulasi yang bisa keluar disertai adanya sel sperma tanpa disengaja dan tanpa disadari oleh pria. Tetapi jika sudah dilakukan testpack dan hasilnya negatif maka kemungkinan terlambat haid bisa disebabkan faktor lain seperti:

  • Ketidakseimbangan hormonal tubuh
  • Efek penggunaan kontrasepsi
  • Mengalami stres baik secara fisik ataupun stres pikiran, salah satunya bia karena takut belum kunjung menstruasi
  • Masalah berat badan
  • Masalah kesehatan seperti gangguan di kelenjar tiroid
  • Efek obat tertentu

Untuk itu coba bisa lebih rileks dan memperbaiki kesehariannya. Bisa coba upayakan olahraga ringan seperti yoga misalnya untuk membantu melancarkan menstruasi. Anda juga bisa coba memastikan apakah hamil atau tidak dengan mengulang testpack 14 hari dari pemeriksaan terakhir. Jika nantinya sampai bulan oktober belum juga haid, bisa coba memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan USG dan memastikan apa yang jadi penyebabnya. Untuk saat ini belum perlu obat untuk mempercepat menstruasi ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab haid tidak teratur bisa jadi stres

6 Hal Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Terjadi

Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa penyebab haid tidak teratur. Padahal, seharusnya seorang wanita mengalami menstruasi sebulan sekali.