Bentol di miss V, apa penyebabnya?

EO Info Penanya: EO, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya ada bentol, gatal dan perih di bagian kewanitaan apa penyebabnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, EO.

Bentol pada vagina yang disertai rasa gatal dan perih dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, baik alergi, iritasi, maupun infeksi. Beberapa kondisi yang lazim terjadi adalah folikulitis (peradangan akar bulu kemaluan), bakterial vaginosis, infeksi jamur, dan herpes genital. 

Penanganan untuk keluhan tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya. Tetapi, untuk sementara, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah.

  • Menjaga kebersihan vagina dengan membasuhnya setiap habis buang air
  • Menghindari kondisi vagina agar tidak terlalu lembab ataupun kering
  • Menggunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan berbahan menyerap keringat
  • Hindari menggaruk karena bisa memicu infeksi lanjutan, dan apabila gatal tidak tertahankan, konsumsilah obat golongan antihistamin yang dijual bebas sesuai dosis, misalnya chlorpheniramine maleate

Apabila sudah melakukan langkah-langkah di atas, namun keluhan tetap tidak membaik dalam beberapa hari, periksakanlah diri Anda kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, kemudian memberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan penyebab kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab infeksi vulva vagina adalah cacing kremi

7 Penyebab Gatal akibat Infeksi Vulva Vagina

Infeksi vulva vagina terjadi pada bagian luar dari alat kelamin wanita. Infeksi ini dapat terjadi pada wanita dari semua usia. Faktor penyebabnya adalah bakteri, ragi, parasit, kebersihan yang kurang terjaga.