Apa bisa hamil jika setelah menstruasi tidak ada hubungan badan?

AH Info Penanya: AH, Wanita, 21 Tahun
Apa mungkin setelah haid tanpa berhubungan akan hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AH,

Proses pembuahan adalah ketika sel telur bertemu dan dibuahi oleh sel sperma. Dimana proses alami terjadi ketika hubungan seksual dan adanya ejakulasi sel sperma ke dalam rahim. Jika sel telur tidak dibuahi maka pada wanita akan terjadi perdarahan atau yang dikenal dengan menstruasi.

Dimana jika sudah terjadi menstruasi maka akan ada siklus baru lagi dari pematangan sel telur, jadi apabila setelah menstruasi tidak ada hubungan seksual atau tidak ada proses masuknya sperma untuk membuahi sel telur maka tidak akan terjadi kehamilan. Kecuali jika lewat menstruasi dilakukan pembuahan buatan seperti misalnya melalui inseminasi buatan makan bisa terjadi kehamilan tanpa berhubungan.

Tapi jika tidak ada melakukan hubungan seksual setelah menstruasi maka tidak akan hamil. Jika masih belum ingin hamil maka perlu lebih bijak dapat menggunakan kontrasepsi seperti pil KB ataupun kondom untuk mencegah kehamilan. Apabila saat melakukan seks saat haid seperti misalnya di akhir masa menstruasi maka kemungkinan hamil bisa mungkin terjadi karean salah satunya adalah sperma bisa bertahan di dalam rahim selama 72 jam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan yang keluar sebelum sperma, memiliki tekstur yang berbeda dari sperma, namun bisa sebabkan kehamilan.

Cairan yang Keluar Sebelum Sperma Bisa Bikin Hamil, Benarkah Demikian?

Cairan yang keluar sebelum sperma bisa bikin hamil? Mungkin, pertanyaan ini selalu muncul di benak pasangan suami-istri, yang berhubungan intim, tanpa pengaman alias kondom. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai cairan yang keluar sebelum sperma.