Keluar cairan bening dan darah dari vagina karena apa?

S Info Penanya: S
Pada saat memasuki trinester ke 2 tepatnya pada usia kandungan 5 bulan saya mengalami keluar cairan air bening + darah dr vag*** saya . Apa penyebab keluarnya air tersebut ? Apa berbahaya untuk janin saya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Keluarnya cairan dari vagina adalah salah satu gejala yang perlu diperhatikan dimana bisa terjadi karena keputihan yang normal, keputihan yang tidak normal karena infeksi bakteri, jamur atau parasit, peradangan vagina, kandungan yang lemah dimana mulut rahim menjadi lebih lunak dan terbuka sehingga bisa memicu sejumlah gangguan kehamilan, dan juga kemungkinan lain salah satunya rembesnya air ketuban. 

Apabila disertai darah, cairan keluar lebih banyak, timbul nyeri perut, rasa gatal, nyeri saat berkemih, ataupun adanya flek darah maka perlu segera diperiksakan pada dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyebabnya adalah bukan ancaman keguguran dan segera diberikan penanganan.

Nantinya akan dilakukan pemeriksaan sampel cairan tersebut untuk mengetahui apakah cairan ketuban ataukah cairan keputihan. Sering kali apabila ada keputihan dan disebabkan karena infeksi tidak berpengaruh pada cairan ketuban. Nantinya akan diberikan penanganan infeksi sesuai dengan penyebabnya.

Upayakan menjaga kebersihan organ intim dengan menjaga kelembapannya, ganti pakaian dan pakaian dalam secara  teratur, basuh dengan air bersih atau air hangat dan keringkan sampai benar-benar kering dan hindari pakaian yang terlalu ketat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebutuhan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan demi sang buah hati

Bumil Tak Perlu Risau, Ini Daftar Makanan Pengganti Susu untuk Ibu Hamil

Salah satu fakta melegakan untuk mereka yang tak suka susu: ibu hamil tidak wajib konsumsi susu hamil. Banyak alternatif pengganti susu untuk ibu hamil yang berasal dari makanan.