Ketuban merembes apa harus operasi caesar?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Selamat siang dok ..Saya suami dr istri saya yg kata dokter waktu USG ketuban sudah mulai merembes, dan harus segera dilakukan operasi sesar..Tapi yg dirasakan istri saya hanya sedikit yg keluar, hanya rasa lembab tidak terlalu banyak .Dan kami juga konsultasi ke bidan andalan katanya harus menunggu 2 sampai 3 minggu lg karena usia kehamilan masih sekitar 34 minggu..Mohon penjelasannya dok..Terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

USG adalah pemeriksaan yang digunakan untu mendeteksi kesehatan dan keadaan janin di dalam rahim, sehingga bisa memperkirakan berat janin, ada tidaknya cacat janin, jumlah air ketuban, ada lilitan tali pusat, letak plasenta, dll.

Janin di dalam perut hidup hidup di dalam kantong yang berisi cairan ketuban, sehingga kurangnya air ketuban ini akan menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin. Perihal sebaiknya menunggu 2-3 minggu lagi dengan maksud agar bayi lahir tidak prematur. Karena memang sebaiknya janin dilahirkan saat usia 37 minggu lebih, namun tentunya ada pertimbangan-pertimbangan lainnya seperti cairan ketuban mulai rembes, adanya kontraksi, dll. Biasanya sebelum melakukan persalinan, dokter akan menyuntikkan obat-obatan untuk membantu proses pematangan paru janin bila janin dilahirkan kurang dari 37 minggu.

Seharusnya dokter kandungan Anda menyarankan operasi caesar tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada sesuai dengan hasil USG yang dikerjakan, tidak bisa berpegang pada usia kehamilan saja. Beberapa risiko yang muncul bila janin kekurangan cairan ketuban (oligohidramnion) bisa terjadi gangguan perkembangan, keguguran hingga janin meninggal di dalam rahim.

Bila Anda tidak yakin dengan dokter kandungan Anda, maka sebaiknya Anda mencari pendapat lain dari dokter kandungan yang lain untuk memastikan kondisi janin Anda. Karena tidak bisa berpatokan juga pada kelamin yang terasa lembap saja sebagai tanda ketuban rembes.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat saffron untuk ibu hamil tak lepas dari efek sampingnya.

10 Manfaat Saffron untuk Ibu Hamil

Saffron untuk ibu hamil ternyata menawarkan sederet manfaat. Sebut saja meringankan mood swing, menjaga tekanan darah, hingga mengurangi morning sickness. Namun sebelum mencobanya, kenali juga efek sempingnya, ya!