Ketoprofen dan ibuprofen supp?

SB Info Penanya: SB, Pria, 26 Tahun
Dok...ketoprofen supp diganti sama ibu profen supp boleh tidak??soalnya ketoprofen supp susah didapat.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore S,

Berdasarkan pertanyaan yang anda ajukan. Ketoprofen dan ibuprofen merupakan golongan nonsteroid anti inflammantory drug (NSAID). Kedua obat ini meredakan nyeri sakit ringan hingga sedang. Ketoprofen dan ibuprofen sama-sama bekerja menghambat enzim cyclo-oxygenase (COX) dalam produksi prostaglandin yang menyebakan rasa sakit. Fungsi keduanya sama-sama mengobati peradangan, sakit kepala, sakit gigi, sakit punggung, artritis, nyeri haid, sakit dengan luka ringan, dan mengurangi pembengkakan.

Ibuprofen tidak boleh dikonsumsi pada penderita gagal jantung yang parah, penyakit hati, riwayat peradangan, atau luka di saluran pencernaan. Jika ingin mengkonsumsi obat ini disarankan berada dipengawasan dokter karena obat ini dapat menganggu kerja obat lain seperti obat antihipertensi, aspirin, digoxin, warfarin. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat, 

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mengobati nyeri sendi, Anda bisa mengonsumsi aspirin maupun ibuprofen.

Ini Obat Nyeri Sendi yang Tepat untuk Bantu Kurangi Rasa Sakit

Nyeri sendi tentu dapat membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasinya, terdapat berbagai obat nyeri sendi yang dapat membantu Anda meredakan rasa sakit.