Ketiduran menggunakan softlens, paginya mata berkabut. Apakah penyebabnya?

JL Info Penanya: JL, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam dok, td sore saya ketiduran menggunakan soflens minus 2,75, ketika sya bangun mata kiri saya berkabut..apakah ini katarak atau semacam penyakit lain dok?..apakah berbahaya atau tidak? Kemudian apa bisa ilang dgn sendiri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JL

Terima kasih atas pertanyaannya

Apa yang terjadi ketika ada lupa melepas lensa kontak anda. Pertama permukaan mata anda akan kekurangan oksigen karena terhalang oleh soft lensnya. Kemudian jaringan mata anda akan meradang dan membengkak sebagai reaksi adanya benda asing yang menganggu. Kemudian bila ada bakteri yang mencari kesempatan untuk membuat infeksi mata berhasil masuk maka mata anda akan infeksi. 

Penglihatan berkabut kemungkinan akibat terkikis atau lecet dari soft lens. Karena lensa kontak dirancang untuk digunakan dengan mata terbuka dan sesekali berkedip. Beberapa lensa kontak ada yang dibuat untuk penggunaan lebih lama. Tapi untuk mencegah peradangan dan infeksi mata lebih baik meluangkan sedikit waktu untuk melepas lensa kontak anda.

Saat ini mata anda pasti sedang radang dan kering sebaiknya diberi tetes mata untuk membasahi permukaan mata dan sebaiknya diperiksa langsung oleh Dokter Spesialis Mata untuk evaluasi lebih detail.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab mata merah yang tidak serius masih bisa diatasi dengan obat tetes mata dari apotek

Kenali Penyebab Mata Merah yang Paling Sering Terjadi

Mata merah umum dialami oleh siapa saja. Penyebab mata merah beragam, mulai dari sindrom mata kering sampai pecahnya pembuluh darah di mata atau perdarahan subkonjungtiva.