Bagaimana cara mengatasi bau badan?

SL Info Penanya: SL, Wanita, 28 Tahun
Dok gmna cara atasi ketiak yg bau tp sblh knan doang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SL,

Bau ketiak adalah bau badan yang timbul karena produksi keringat oleh tubuh tercampur oleh bakteri. Ketiak merupakan salah satu lokasi pada tubuh yang lembap dan banyak terdapat kelenjar keringat. Jadi apabila ada bau ketiak tetapi hanya pada salah satu sisi saja bisa karena adanya infeksi ataupun bakteri pada sisi ketiak tersebut.

Perhatikan ada tidaknya ruam kulit, benjolan ataupun keluhan lain pada ketiak sebelah kanan. Jika tidak bisa dilakukan penangangan seperti dengan menggunakan antipersipiran dan juga jaga kebersihan diri dengan mandi teratur dan ganti pakaian secara teratur.

Upayakan untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, dan sebisa mungkin berada di tempat sejuk sehingga tidak berkeringat berlebih. Nantinya jika tetap sulit bisa periksakan diri pada dokter agar dilakukan penanganan. Jika karena produksi berlebih dari kelenjar keringat bisa dilakukan tindakan untuk mengangkat kelenjar tersebut tapi jika ada infeksi maka perlu ditangani infeksinya. Untuk itu bisa segera periksakan diri pada dokter atau dokter kulit ya.

Anda juga bisa membaca artikel cara merawat tubuh agar tetap wangi di tautan ini ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bangun tidur dengan baju dan rambut basah kuyup penuh keringat memang tidak menyenangkan

Berkeringat Saat Tidur, Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Jika diiringi keluhan kesehatan lain, berkeringat saat tidur bisa jadi alarm terjadinya penyakit tertentu, mulai dari menopause hingga masalah saraf.