Terlambat haid dan sering BAK, hamil tidak ya?

NN Info Penanya: NN, Wanita, 1 Tahun
Ass dok,umur saya 23thn ,dn pernikahan kami sdh 2 bulan ,,biasanya haid di awal bulan ,dn dipertengahan bulan kemarin sempat ngerasai nyeri bagian perut bawah disertai sering buang air kecil,selama 10 harilah,tpi gak mual , diakhir bulan kemarin sdh gak ngerasai lgi nyerinya,seharusnya awal bulan ini haidnya lgi tpi belum jga dok ,Apakah itu tanda hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NNA.

Kehamilan adalah kondisi ketika seorang wanita mengandung calon bayi di dalam rahim selama kurang lebih 40 minggu. Diawali dari pembuahan sel telur oleh sperma, zigot yang terbentuk akan berkembang menjadi embrio, lalu selanjutnya berkembang perlahan-lahan menjadi janin. Ketika seluruh organ tubuh janin matang dan bisa hidup tanpa asupan dari plasenta, janin akan dilahirkan sebagai bayi.

Terkait kondisi Anda, terlambat haid memang benar salah satu tanda kehamilan. Selain itu, sering buang air kecil juga sering terjadi pada kehamilan, karena rahim yang semakin membesar menekan kandung kemih. Tanda-tanda lainnya adalah mual, muntah, ngidam makanan tertentu, atau emosi yang tidak stabil. Tetapi, tanda tersebut tidak mutlak, ada wanita yang mengalami hal-hal tersebut ataupun tidak.

Anda dapat mencoba melakukan testpack untuk memastikan kehamilan. Apabila hasilnya positif, selamat! Sebaiknya jaga kandungan Anda dengan konsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan hindari stres.

Tetapi, jika testpack hanya menunjukkan satu garis atau negatif, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan jika selama 90 hari tidak haid. Penyebab lain terlambat haid adalah PCOS, penggunaan kontrasepsi hormonal, berat badan yang naik atau turun drastis, atau tingkat stres yang berlebih. Dengan berkonsultasi, dokter akan menentukan penyebab terlambat haid dan memberikan terapi yang sesuai. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-Ciri Air Ketuban Merembes Tanpa Kontraksi

Ciri-Ciri Air Ketuban Merembes Tanpa Kontraksi

Air ketuban jarang pecah dan tumpah di lantai dalam genangan yang banyak. Biasanya air ketuban akan merembes keluar secara perlahan atau sedikit demi sedikit. Salah satu cara untuk mengetahui ciri-ciri air ketuban merembes tanpa kontraksi adalah dengan mengecek warna, aroma, jumlah, dan kapan cairan keluar.