Terlambat datang bulan, apa penyebabnya?

AS Info Penanya: AS, Pria, 1 Tahun
Assalamualaikum dok saya ingin bertanya teman saya telat datang bulan sudah 1 bulan dan di sertai mual itu menyebabkan apa kira" dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Datang bulan atau kerap disebut dengan menstruasi merupakan kondisi yang terjadi secara normal oleh setiap wanita. Siklus menstruasi wanita dikatakan normal jika terjadi setiap 21 - 35 hari. Siklus menstruasi ini dapat dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir, hingga hari pertama menstruasi pada periode berikutnya. 

Terlambatnya siklus menstruasi pada wanita, kerap kali dikaitkan dengan adanya kehamilan. Terlebih jika terdapat riwayat melakukan hubungan seksual dengan pria melakukan ejakulasi di dalam vagina. Padahal, terlambatnya siklus menstruasi bisa juga disbabkan oleh kondisi lainnya.

Kondisi yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi adalah:

  • Keadaan emosional dan juga keadaan fisik, stres dan kelelahan dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon kewanitaan sehingga mempengarhui menstruasi 
  • Memiliki berat badan yang tidak ideal
  • Adanya gangguan hormon, seperti pada PCOS, tiroid
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu, termasuk dalam penggunaan KB
  • Atau adanya kondisi medis lain terkait dengan organ reproduksi wanita

Beberapa penyebab siklus menstruasi tidak lancar bisa disebabkan oleh salah satu kondisi diatas. Untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan terdekat. Keluhan mual muntah saat terlambat menstruasi kerap kali dikaitkan dengan adanya kehamilan, padahal tanda pasti dari kehamilan adalah hasil tes kehamilan positif, hasil pemeriksaan USG kehamilan, serta hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. 

Jika, teman Anda curiga adanya kehamilan lakukanlah tes kehamilan atau dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan USG kehamilan. 

Tips agar siklus menstruasi teratur adalah:

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.