24 Sep 2021, 04:04Psikologi

bagaimana mengatasi ketergantungan obat?

RN
Info Penanya: RN0
Sok saya dulu mantan penasun "pengguna jarum suntik" bbrpa tahun saya dlm khdpan itu lalu sy berhenti di tahun 2014.saya TDK melakukan rehab tp sy pada saat itu hanya ada 2 pilihan untuk sembuh yaitu konsumsi metadone atau benzo dan akhir nya sy lebih memilih benzo sampai saat ini ,lalu sudah kurang 1 tahun ini sy jd beralih ke sabu. Pertanyaan sy Dok tanpa mengurangi rasa hormat ,bagaimana agar sy bisa terlepas dari itu "sabu dan benzo" karena saya skrg sdh brklrga dan mempunyai anak usia 8 thn
63 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Ketergantungan zat terlarang merupakan gangguan psikologis akibat konsumsi obat yang tidak sesuai indikasi atau disebut juga penyalahgunaan. Obat terlarang sebenarnya memiliki manfaat dari sisi medis namun jika digunakan dengan tidak tepat dosis dan juga penggunaan berlebihan, maka akan justru menyebabkan adiksi dan efek samping yang tidak diinginkan.

Ketergantungan obat dan cara mengatasinya

Ketergantungan dipicu oleh tidak nyaman baik pada mental maupun fisik apabila tidak mengonsumsi obat tersebut. Kedua zat yang Anda sebutkan yaotu sabu dan benzo adalah narkoba yang untuk berhenti harus dilakukan dengan cara yang bertahap dan tidak mudah karena akan memakan waktu cukup lama. Gejala ketergantungan obat dapat mulai dari gangguan pencernaan, nyeri otot seluruh badan, gangguan pernapasan, hingga muncul halusinasi, dan kejang. Untuk bisa berhenti, Anda dapat melakukan pemeriksakan diri ke puskesmas terdekat pada poli khusus napza, atau dokter spesialis kesehatan jiwa dirumah sakit. Selanjutnya akan dilakukan terapi pengganti zat dan tappering off sehingga tidak boleh langsung menghentikan mendadak dan justru malah akan menyebabkan muncul gejala putus zat.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan mentalgangguan psikologisnarkoba
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil