28 May 2020, 00:47Psikologi

Bagaimana cara mengatasi obsesi berlebihan terhadap idola?

KD
Info Penanya: KD0
Selamat malam dok.. saya ingin bertanya saya seorang kpoppers sudah sejak lama saya tidak bisa jika tidak melihat idola saya selama sehari saya selalu ingin menjadikan idola saya itu menjadi milik saya....Saya selalu merasa jika tidak melihat idola saya, saya merasa sepi dok, saya tinggal bersama orang tua dan adik saya tapi saya selalu merasa kesepian dan sat saya melihat idola saya, saya tidak merasa kesepian dok... Apakah itu bagus dok?
9440 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat malam, KD. Obsesi merupakan keinginan (hasrat, nafsu) akan sesuatu disertai dengan usaha keras bahkan terkesan memaksa untuk mencapai keinginan. Obsesi yang berlebihan terhadap seseorang dapat mempengaruhi kehidupan.Ketika seseorang mulai terobsesi, biasanya seseorang tidak mau mengakui bahwa dirinya ternyata memiliki obsesi terhadap sesuatu atau seseorang, karena kata obsesi sendiri dianggap sebagai hal yang buruk. Tapi faktanya, banyak dari kita yang terobsesi terhadap sesuatu.

Langkah-langkah untuk mengendalkan obsesi terhadap seseorang termasuk mengidolai artis berlebihan adalah sebagai berikut:

  • Alihkan perhatian Anda terhadap konten yang menyangkut idola Anda tersebut dengan misalnya melakukan hobi yang menyenangkan.
  • Selesaikan pekerjaan yang tertunda karena terkadang obsesi dapat membuat kita tidak bisa menyelesaikan membaca buku, tidak fokus dalam mengerjakan tugas, atau kurang perhatian pada teman yang sedang butuh bantuan.
  • Fokus terhadap tujuan hidup Anda, temukan tujuan hidup Anda baik jangka pendek maupun jangka panjang. 
  • Lakukan kegiatan olahraga seperti yoga atau meditasi agar tubuh menjadi rileks.
  • Dengarkan perkataan orang disekitar Anda yang mengkhawatirkan obsesi berlebihan Anda. 
  • Pilih teman atau keluarga yang dapat dipercaya untuk mendengarkan keluh kesah Anda.
Jika dengan melakukan cara-cara tersebut obsesi Anda tetap tidak dapat dikendalikan sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter ahli jiwa untuk mendapat penanganan  yang tepat. Beritau orang terdekat Anda keluarga atau teman untuk membantu Anda memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr.Sri Wulantini
kesehatan mentalmasalah kejiwaanpenyakit kejiwaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil