Ketakutan saat ada pelajaran dan jantung berdebar-debar. Apakah penyebabnya?

NA Info Penanya: NA
Mau tayak dok saya sering kali ketakutan saat ada pelajaran padahal biasa saja tetapih saya langsug ketakutan dan jantung saya langsung berdebat debar debar bahkan mau setiap hari saya srperti itu peyebab apakah itu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NA

Pada saat ada pelajaran anda memberi respon berlebihan sehingga hormon dan metabolisme tubuh meningkat. Pengaruh dari hormon adrenalin yang bertambah mengakibatkan jantung berdebar-debar, keluar keringat dan nafas menjadi cepat. Tapi tidak semua orang menganggap mulai pelajaran sebagai sesuatu yang ditakutkan, sehingga respon anda yang berlebihan disebut serangan panik atau panic attack.

Beberapa gejala serangan panik yaitu jantung berdebar-debar, berkeringat, sakit dada, sesak napas, pusing, mual, mengigil, kesemutan, tersedak, merasa bukan diri sendiri, kehilangan kendali, menjadi gila atau takut mati.

Untuk informasi cara menanganinya bisa dibaca artikel 3 Langkah Mengatasi Serangan Panik. Seseorang yang pernah mengalami serangan panik, beresiko tinggi mengalami serangan panik ulang. Bila anda ragu, bisa konsultasi dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi postpartum yang tepat perlu dilakukan dengan kerjasama dari keluarga.

Cara Mengatasi Depresi Postpartum oleh Dokter Maupun Secara Alami

Depresi postpartum atau depresi pascapersalinan, jika tidak segera diatasi, bisa berkembang menjadi kondisi psikosis yang dapat membahayakan nyawa.