12 Nov 2020, 00:42Psikologi

ketakutan di tempat ramai dan mudah curiga

MT
Info Penanya: MT0
saya selalu merasa cemas berada ditempat yang ramai dan selalu malas dan curiga saat bertemu orang baru, saya suka berada ditempat yang sepi dan tenang, tapi terkadang saya lelah selalu ingin sendirian, saya ingin memulai hal baru dan bertemu orang baru, tetapi saya selalu cemas, takut dan gelisah, kira kira apa yang harus saya lakukan dok, terima kasih
235 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang MT,Ketakutan atau rasa cemas di tempat ramai atau bertemu orang baru adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena kepribadian tertentu seperti misalnya tipe kepribadian introvert, memiliki fobia seperti agorafobia ataupun bisa karena masalah psikologis seperti trauma, gangguan kecemasan dan lainnya.Jika merasa ketakutan atau cemas berlebih, hal tersebut tidak boleh didiamkan. Perlu bisa berbagai cara untuk mengatasinya seperti:
  • Cerita pada orang lain yang dipercaya
  • Belajar membuka diri
  • Coba melakukan relaksasi agar bisa mengurangi rasa cemas
  • Mengalihkan pikiran dengan kegiatan lain yang disenangi
  • Berkonsultasi pada profesional seperti pada psikolog atau pada dokter spesialis kedokteran jiwa / psikiater
Jika memiliki keinginan untuk mencoba hal baru dan bertemu orang baru tapi masih takut, bisa coba tidak dilakukan sendiri. Bisa dilakukan didampingi dengan orang yang dipercaya dan juga bisa dilakukan dari lingkungan sekitar terlebih dahulu yang sudah dikenal.Selain itu bisa juga dilakukan penanganan oleh dokter atau psikiater untuk mengatasinya seperti dengan melakukan konseling, pemeriksaan lanjutan, psikoterapi, terapi perilaku kognitif ataupun dibantu dengan pengobatan jika diperlukan. Jadi segera diceritakan dan dikonsultasikan ya.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
gangguan kecemasanagorafobiafobiagangguan kecemasan sosialgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil