Kenapa saya selalu merasa cemas dan ketakutan berlebihan?

DS Info Penanya: DS, Pria, 1 Tahun
knpa ya dok saya selalu merasa takut dan cemas yg terus menerus yg selalu bikin pikiran takut badan lemes
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Cemas atau anxiety merupakan perasaan gugup atau gelisah. Biasanya orang akan mengalaminya ketika berhadapan dengan situasi tertentu.Rasa cemas merupakan reaksi alami tubuh terhadap stress, yang sebenarnya bermanfaat untuk membuat kita menjadi lebih berhati-hati dan waspada.

Namun, rasa cemas bisa menjadi tidak sehat jika muncul secara berlebihan, sulit dikontrol, atau sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini disebut sebagai gangguan kecemasan. Orang yang mengalami kecemasan berlebihan kerap kali merasa khawatir dan takut yang berlebihan secara terus-menerus, berkeringat, berdebar-debar, sesak di dada, gemetar, dll .

Untuk mengatasi kecemasan Anda dapat melakukan :

  • Cukupi waktu istirahat selama 7–9 jam setiap malam.
  • Coba untuk curhat atau bercerita kepada orang terdekat mengenai perasaan Anda dan masalah yang Anda hadapi.
  • Lakukan olahraga secara teratur, seperti joging, senam aerobik, dan bersepeda, untuk membantu mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati.
  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, karena dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan.

Bila dengan cara-cara di atas belum dapat mengatasi rasa cemas yang Anda alami, Anda membutuhkan penanganan lebih lanjut dari psikolog atau psikiater.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

  1. Aisyah
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ansietas berlebih adalah gangguan kecemasan sosial yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari

Atasi Ansietas dengan Terapi Seni

Ansietas atau rasa cemas berlebih adalah gangguan kecemasan sosial yang dapat mengganggu kehidupan. Terapi seni dapat digunakan untuk mengatasi ansietas. Terapi seni dipilih sebagai media untuk mengekspresikan konflik dan permasalahan yang dialami seseorang.