21 Dec 2020, 20:19Penyakit Lainnya

Bagaimana mengatasi anak demam dan sulit berjalan?

YY
Info Penanya: YY, Wanita, 30 Tahun
Hi Dok, saya mau tanya. Keponakan saya usia 4,5th sblmny sempat demam 40° dan bbrp hr kmudian kakinya lemas saat brjalan sprt mau jatuh karena kakinya lemas. Orangtua bawa ke tukang urur dan diurut lalu tukang urut blg itu efek krna demam trll tinggi. Dsrankan tdk minum air dingin dan mandi air dingin dl. Sdh sejak hari jumat lalu dan sampai skg keponakan saya berjalan seperti robot, tdk spt biasanya. Berjalan jg pelan krna sakit kalau cepat2. Langkah terbaik apa ya Dok utk keponakan saya ini?
3491 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, YYTerima kasih atas pertanyaannya.Demam pada anak terjadi ketika suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius.  Demam pada anak merupakan penanda adanya infeksi pada tubuh anak sehingga tubuh melawan infeksi tersebut dengan menaikkan suhu tubuh anak.  Kelemahan tungkai kaki saat demam dapat disebabkan oleh nyeri sendi sehingga sakit saat digerakkan dan membuat anak kesulitan dalam bergerak.

Penyebab demam dan kelemahan tungkai anak :

  • Demam chikungunya
    Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes albopictus. Gejala hampir menyerupai demam berdarah yaitu demam tinggi selama 3-4 hari.  Nyeri sendi pada demam chikungunya muncul setelah demam dan terkadang jika sudah berat dapat menimbulkan kesulitan berjalan. 
  • Demam reumatik
    Dema mini muncul setelah beberapa minggu terinfeksi bakteri yang tidak tertangani. Demam tinggi disertai ada peradangan pada sendi kaki, tangan ataupun lutut.  Anak terlihat lemas tidak nafsu makan, muncul ruam pada kulit.
  • Polio
    Infeksi virus polio yang menyerang saraf dan juga otak. Menyebabkan anak sulit berjalan disertaii demam, pusing, sakit tenggorokan, mudah lelah.  
Ketika anak sakit dan sudah sampai menganggu aktvitas anak sehari-hari sebaiknya segera periksa dokter spesialis anak guna dilakukan pemeriksaan lanjutan sehingga dapat diketahui penyebab pasti dari keluhan pada anak dan ditangani dengan tepat dan cepat.Sementara ini, beri kompres hangat pada bagian kaki anak, jika masih demam lebih dari 37,5 berikan parasetamol sesuai berat badan anak, hindari aktivtas berlebih, istirahat cukup, dan pastikan asupan bergizi.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
poliodemam rematikchikungunya
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil