29 Dec 2020, 11:29Kulit & Kelamin

Keseringan onani, apa menyebabkan mandul?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dokter Saya ingin menanyakan Jika seseorg keseringan onani dalam seminggu 3 kali ataupun lebih, apakah bisa membuat kemandulan dokter? Mohon klarifikasinya dok Trima kasih.
5950 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ETerima kasih atas pertanyaan AndaOnani adalah kegiatan seksual dengan tujuan untuk mencapai kepuasan seksual (orgasme) berupa menggesek, menyentuh, memijat kelamin dan area sensitif tubuh yang dilakukan sendiri atau dengan menggunakan bantuan alat. Masturbasi atau onani ini memiliki banyak manfaat bagi kesetan tubuh.

Adapun di antaranya manfaat dari melakukan onani adalah:

  • Meningkatkan kualitas tidur Anda
  • Membantu mengatasi stres
  • Memberikan efek relaksasi pada otot-otot tubuh
  • Menurunkan risiki tertluar penyakit menular seksual
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, yang mempengaruhi kesuburan pria atau kemandulan pria adalah kualitas sperma. Melakukan onani yang terlalu sering bisa berdampak menurunnya sesnitifitas penis, masalah ejakulasi, disfungsi ereksi, iritasi pada penis, terbengkalainya pekerjaan, dan lain sebagainya. Lakukanlah onani secukupnya tidak lebih dari 2-3 kali dalam seminggu. Berusahalah berpikiran positif, hindari konten pornografi, lakukan hobi Anda, atasi stres, konsumsi makanan bergizi, lakukan olahraga, hindari seks bebas atau bergonta-ganti pasangan seksual agar tidak tertular infeksi penyakit menular seksual dan jaga kebersihan serta kesehatan penis.  Bila ada kaluhan seputar kesuburan pria, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis andrologi terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
masturbasispermareproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil