Kesepian tapi juga malas bertemu dengan orang.

MJ Info Penanya: MJ
dok, saya lelah ngelakuin hal yang saya suka. saya juga lelah sama perasaan saya yang pengen sendirian tapi giliran ditinggal ngerasa kesepian. saya ngebatalin seluruh rencana saya karena udah gak ada yang bikin saya excited lagi, jujur saya capek banget. saya kangen banget sama orang-orang di sekitar saya, tapi saya capek banget buat ketemuan? at the same time saya ngerasa kesepian banget. at this point, gak ada hal yang bikin saya seneng lagi. semuanya capek dok, apa yang harus saya lakuin?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MJS,

Jenuh adalah salah satu kondisi dimana hilangkan minat terhadap hal-hal yang menyenangkan, dan malas melakukan hal-hal baru dan berusaha menarik diri dari lingkungan sekitar karena ada perasaan enggan berkomunikasi dengan orang lain.

Kejenuhan ini bisa disebabkan oleh :

  1. Rutinitas yang sangat monoton, sehingga timbul kebosanan.
  2. Ada masalah yang mendasari, namun Anda memendam masalah itu sendiri, enggan berbagi cerita dengan orang lain.
  3. Hidup di tengah-tengah lingkungan atau orang-orang yang tidak cocok dengan Anda.
  4. Trauma di masa lalu.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi kejenuhan itu adalah berusaha mengenali apa penyebab masalahnya, berbagi cerita dengan orang lain, berusaha membuka diri dengan orang lain, mencoba hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan.

Bila kejenuhan tersebut tidak kunjung menghilang, maka sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mencari tau penyebab kejenuhan yang sedang Anda alami dan cara mengatasinya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mudah menangis atau cengeng dapat disebabkan oleh kondisi tertentu

Mudah Menangis dan Dibilang Cengeng? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Selain untuk melepaskan emosi, ada alasan lain mengapa orang-orang menjadi mudah menangis atau cengeng. Hal ini tergantung pada sensitifitas dan keterbukaan emosi seseorang, serta dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi tertentu.