30 Mar 2021, 05:42Saraf

Kesemutan tangan hingga nyeri apa penyebabnya?

MB
Info Penanya: MB, Wanita0
Dokter awal dari hanya jempol tangan yg menjalar ke telapak tangan dan sekarang sampai sikut. Kesemutan ini terasa setiap waktu dan mengganggu aktifitas,, karna terkadang sampai nyeriiiii ditangan. Tanpa ada jeda kesemutan ini terasa sepanjang waktu. Mencoba lihat di artikel kesemutan karna saraf terjepit tertindi,atau tertekuk.. ini tidak dok.. Tangan ini beraktifitas diam / tidak sepanjang waktu kesemutan tanpa henti terkadang hingga nyeri sekali mohon beri solusi obat/herbal dok?terimakasih
62 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang MB,Kesemutan adalah sensasi kulit yang dirasakan seperti banyak semut yang merambat. Hal ini biasanya disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar atau adanya saraf yang terjepit.

Penyebab kesemutan:

  • Kebiasaan diam pada 1 posisi saja sehingga akan mengakibatkan tekanan saraf dalam jangka waktu panjang sehingga muncul kesemutan.
  • Kurang vitamin B.
  • Kadar kolesterol yang tinggi.
  • Saraf yang terjepit. Biasanya adanya saraf yang terjepit ini akan menimbulkan sensasi nyeri atau kesemutan yang sifatnya menjalar. Tergantung saraf mana yang terjepit. Bila saraf di pergelangan tangan yang terjepit maka biasanya akan terasa kesemutan hingga ke ujung jari dan terasa nyeri di pergelangan. Hal ini tidak harus disebabkan oleh jatub, namun kebiasaan menulis atau menggunakan mouse laptop dengan posisi tangan yang tidak pas akan mengakibatkan saraf di pergelangan tangan terjepit.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesemutannya adalah:

  • Rendam atau kompres tangan menggunakan air hangat.
  • Minum vitamin B 12.
  • Banyak makan sayur dan hindari jeroan serta gorengan untuk sementara waktu.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya sesaat.
Sebaiknya bila keluhan kesemutan dirasakan semakin meluas maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina 
sindrom karpalsaraf terjepitkesemutan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil