Kesemutan setelah buang air besar

ER Info Penanya: ER, Pria, 30 Tahun
Kalau habis BAB suka kesemutan,itu kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ER,

Kesemutan setelah buang air besar bisa disebabkan oleh karena beberapa hal seperti posisi saat buang air besar apakah duduk atau jongkok, durasi atau lamanya buang air besar, berat badan dan lainnya. 

Kesemutan sendiri bisa timbul terasa seperti ada banyak sensasi gerakan di suatu area atau terasa kebas dan bisa menimbulkan rasa terbakar dan melemahkan area tersebut. Keluhan ini bisa terjadi karena tekanan dalam waktu lama pada persarafan di area yang mengalami kesemutan. Pada saat BAB dengan cara jongkok atau berdiri bisa menimbulkan tekanan di area paha dan betis yang menimbulkan kesemutan saat berdiri. 

Untuk mengatasi kesemutan ada baiknya menjaga berat badan ideal, upaykan agar durasi buang air besar tidak terlalu lama dan tidak bertahan pada satu posisi terlalu lama, konsumsi air putih lebih banyak, makan-makanan yang tinggi vitamin dan mineral seperti buah dan sayuran karena juga bisa ditimbulkan karena gangguan elektrolit tubuh dan kekurangan vitamin seperti B12. Jika keluhan semakin sering dan mengganggu maka perlu dilakukan pemeriksaan karena juga bisa timbul karena saraf yang terjepit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telapak kaki panas bisa disebabkan karena kelelahan atau adanya penyakit tertentu

11 Penyebab Telapak Kaki Panas yang Harus Anda Waspadai

Telapak kaki panas disertai rasa sakit adalah gejala dari penyakit seperti nefropati, infeksi jamur, penyakit ginjal kronis, kekurangan hormon tiroid, HIV atau AIDS.