07 Jan 2019, 20:08Penyakit Lainnya

kesemutan setelah berbaring, gejala apa?

HS
Info Penanya: HS, Pria, 47 Tahun
Dear Dokter, Saya mau tanya, kedua lengan saya menjadi kesemutan ringan setelah berbaring tidur sebentar dan rasanya tidak nyaman. Sebagai informasi, hasil laboratorium darah terakhir untuk asam urat <7, dan total kolesterol < 200. Demikian. Terima kasih Dok.
26157 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Dear Bapak HS,Kesemutan yang dikenal dengan nama   Parasthesia adalah sensasi yang dirasakan seperti seperti terbakar, baal, geli, gatal dan seperti ada yang menjalar di kulit. Kesemutan dapat berdiri sendiri atau merupakan suatu gejala dari penyakit lainnya.Beberapa Penyakit dan Kondisi yang dapat menyebabkan kesemutan, dapat kami sampaikan disini yaitu :
  • Gangguan Sistem Syaraf Sensoris
Kesemutan yang timbul karena gangguan di Sistem Saraf Sensorik disebabkan karena rangsangan listrik di daerah itu terhambat. Contoh sederhana adalah kaki yang kesemutan akibat terjepit karena duduk lama, tangan yang kesemutan akibat terlipat waktu tidur. Pada kondisi ini, setelah posisi tubuh dinormalkan maka kesemutan akan hilang dengan sendirinya.
  • Infeksi Cytomegalo Virus
Infeksi virus ini menyerang Sumsum tulang belakang, menyebabkan Myelitis.
  • Kekurangan Vitamin B Komplek, dikenal sebagai Vitamin Neurotropik yaitu vitamin yang berfungsi untuk memeberi makan sel – sel syaraf. Vitamin B Komplek terdiri dari Vitamin B1, B6 dan B12. Bila kekurangan Vitamin B Komplek maka sering terasa kesemutan umumnya di tangan dan kaki. Vitamin B Komplek dapat diperoleh dari buah dan sayuran segar, atau dapat dengan mengkonsumsi tamban Vitamin dalam bentuk tablet atau kapsul.
  • Karpal Tunel Syndrom, gejalanya berupa kesemutan, mati rasa, kelemahan, nyeri pada keempat jari dan telapak tangan namun tidak terjadi pada jari kelingking.
  • Penyakit Diabetes Melitus (Kencing Manis)
Penyakit DM yang tidak terkontrol, dapat menyebabkan kerusakan pada ujung – ujung syaraf sehingga menyebabkan perasaan seperti kesemutan.
  • Kelainan pada kelenjar Tyroid berupa Hipotiroid atau Hipertyroid
  • Penyakit lainnya seperti Bells Palsy, Frozen Shoulder, sampai adanya tumor dan keganasan lainnya di otak.
Namun dapat juga disebabkan karena posisi saat berbaring atau duduk dan menekan tangan terlalu lama. Semua kemungkinan diatas, dapat dipastikan bila Bapak mengunjungi Dokter Spesialis Syaraf (Neurologi) terdekat untuk melakukan konsultasi lebih lanjut. Salam Sehat
diabetesinfeksidiabetes melitus tipe 1
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil