Kesemutan saat meditasi, apakah normal?

DS Info Penanya: DS, Wanita, 28 Tahun
Dok, saya kalau meditasi suka kesemutan di kaki (seringnya kiri). Kata sesama praktisi tidak apa-apa memang begitu. Kalau setahu saya kesemutan bisa karena aliran darah yang kurang lancar. Apakah aman utk saya dok ketika meditasi kakinya kesemutan. Pernah saya biarkan dan fokus meditasi. Ketika selesai kaki kiri saya benar-benar lunglai. Mohon penjelasan dokter. Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DS.

Meditasi adalah kebiasaan yang sangat baik dilakukan secara rutin. Meditasi dilakukan untuk mencari ketenangan jiwa, mengurangi tingkat stres, rasa khawatir, ataupun ketegangan yang sedang dialami. 

Karena meditasi tidak memerlukan alat bantu apapun, hal ini bisa dilakukan oleh setiap orang. Berikut tahapannya:

  • Cari posisi ternyaman, karena Anda akan diam selama beberapa saat. Posisi bisa duduk ataupun berbaring. Kebanyakan orang memilih posisi bersila saat meditasi.
  • Menutup mata dan memfokuskan pikiran agar rileks dan kosong
  • Bernapas dalam dan fokuskan pikiran pada helaan napas
  • Lakukan secara konsisten selama 10 menit-1 jam, tergantung seberapa rutin Anda meditasi

Terkait kasus Anda, kesemutan yang Anda rasakan di tungkai kiri, bisa terjadi ketika tungkai berada di posisi yang sama dalam waktu lama. Akibatnya, aliran darah ke saraf di daerah tungkai menjadi terhambat. Apabila Anda duduk bersila, kondisi ini akan lebih mungkin terjadi, karena tungkai ditekuk.

Setelah selesai meditasi, apabila kesemutan berangsur-angsur menghilang ketika Anda meluruskan atau mengubah posisi tungkai, berarti itu hanya bersifat sementara. Namun, jika kesemutan menetap, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf, karena ini bisa saja gejala dari penyakit lainnya, seperti gangguan saraf tungkai, penyakit Raynaud, dan lain-lain.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Injeks tetanus toksoid dan pemberian anti tetanus serum termasuk cara mengobati tetanus

Kenali Apa Itu Tetanus dan Perbedaan Pengobatannya

Tetanus adalah infeksi bakteri Clostridium Tetani yang menyerang sistem saraf. Cara mengobatinya bisa dengan serum anti tetanus, HTIG, dan injeksi tetanus toksoid.