Apa penyebab kesemutan di kepala?

NR Info Penanya: NR, Wanita, 1 Tahun
AssalamualaikumDokter, belakangan ini saya sering sekali mengalami kesemutan di bagaian kepala dan pernah beberapa kali mengalami vertigo. Apakah itu berbahaya atau tidak?Saya mempunyai riwayat kecelakaan pada tahun 2011, yang terbentur adalah kepala bagian belakang.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NR,

Vertigo adalah salah satu keluhan pada kepala berupa sensasi kepala pusing berputar, seperti benda-benda berputar dan terasa tidak imbang ingin jatuh, hingga timbul keluhan mual hingga muntah-muntah.

Vertigo merupakan gejala saja, beberapa penyakit yang bisa menimbulkan gejala vertigo adalah :
  1. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV).
  2. Labyrinthitis akibat virus influenza.
  3. Neuronitis Vestibula.
  4. Penyakit Meniere.
  5. Migrain.
  6. Efek samping obat-obat tertentu.
  7. Perubahan posisi yang terjadi secara mendadak, misal naik roller coster, atau perjalanan naik mobil dengan jalan yang berkelok-kelok.

Trauma atau benturan pada bagian kepala tentu sangat berbahaya, selain bisa menimbulkan memar pada otak, juga bisa menimbulkan pembuluh darah pecah atau sarafnya terjepit. Hal ini bisa menyebabkan keluhan sakit kepala, sering pusing, migrain, hingga vertigo.

Yang dapat Anda lakukan ketika vertigo atau timbul rasa kesemutan pada kepala adalah minum paracetamol dan segera beristirahat, hindari gerakan yang mendadak, dan menutup mata agar tidak terasa semakin berputar, hindari makanan pedas, asam, kopi, minuman soda agar tidak bertambah mual. Bila hal ini terjadi berulang kali dan ada riwayat trauma kepala begitu, sebaiknya segera ke dokter saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti CT scan kepala atau MRI kepala.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan tidak hanya terletak di telapak tangan tapi juga terdapat di bagian pergelangan tangan dan tangan bagian atas

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.