07 Oct 2021, 14:36Pernapasan

Penyebab dada sebelah kiri terasa sakit, apakah GERD ?

AK
Info Penanya: AK, Wanita, 14 Tahun
halo dok selamat siang, umur saya 14 tahun, dok pada tanggal 5-6 oktober 2021 dada sebelah kiri saya sakit, tapi pas hari ini tanggal 7 oktober sudah tidak sakit lagi, dan hari ini juga saya keluar darah hitam dari vagina, ini kenapa ya dok? dan ini penyakit apa? dan saya minta resep obat nya dok
126 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, A.Dada terasa sakit dapat dialami oleh wanita maupun pria, saat aktifitas atau sedang istirahat. Saat dada terasa sakit dapat menimbulkan rasa cemas akan penyakit jantung. Tapi tidak semua sakit dada pasti karena masalah di jantung.

Apa yang menyebabkan dada terasa sakit ?

Anda berumur 14 tahun, pada tanggal 5-6 oktober 2021 dada sebelah kiri terasa sakit. Hari ini tanggal 7 Oktober sudah tidak sakit lagi, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Kontraksi otot dada karena posisi tidur yang salah termasuk kebiasaan tengkurap.
  • Duduk terlalu lama membuat otot-otot menegang termasuk otot dada.
  • Asam lambung yang meningkat (GERD).
  • Pleuritis.
  • Kostokondritis.
  • Cidera atau benturan pada dada.
  • Serangan jantung.
Keluar darah hitam dari vagina yang Anda alami bisa karena Anda sedang menstruasi. Darah yang terlampau banyak, akan berwarna lebih gelap. Anda tidak perlu cemas yang terpenting harus menjaga kebersihan vagina, gunakan pembalut dan ganti minimal setiap 4 jam. Untuk mengatasi nyeri dada, bawa istirahat, tarik nafas panjang, hindari aktifitas berat, konsumsi obat parasetamol. Namun jika nyeri dada tidak kunjung membaik, periksa ke dokter umum ya. Nanti dokter umum dapat mengarahkan ke dokter spesialis jantung atau penyakit dalam jika diperlukan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menstruasigerdnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil