Apa efek anal sex?

FI Info Penanya: FI, Wanita, 1 Tahun
Mengapa setelah melakukan sex anal sekali kok rasanya kayak mual sekali saja dgn sesak napas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FI,

Anal seks adalah variasi dalam berhubungan seksual dimana penetrasi penis bukan kearah vagina, namun dimasukkan ke dalam dubur. Namun sebaiknya berhubungan seksual melalui anus ini dihindari karena lebih banyak dampak negatifnya.

Berikut ini beberapa dampak negatif berhubungan seksual melalui anus:

  • Mudah terjadi infeksi saluran kemih pada laki-laki karena penis dimasukkan ke anus yang mana merupakan lubang tempat keluarnya kotoran.
  • Ambeien. Bisa memicu timbulnya ambeien karena dubur dipaksa dimasuki penis dimana pada dubur tidak terdapat lendir sebagai pelumas seperti pada vagina.
  • Merusak otot spincter di sekitar anus sehingga bila dilakukan secara terus menerus maka lubang anus akan membesar dan kurang bisa menahan BAB.

Keluhan mual yang muncul bisa saja karena Anda menahan rasa nyerinya ketika penis penetrasi atau posisi menungging yang menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan (GERD) sehingga mual dan sesak napas.

Sebaiknya Anda menghindari berhubungan seksual melalui anus, atau gunakan kondom serta pelicin seperti gel atau sabun sehingga penis lebih mudah masuk dan tidak timbul nyeri.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi terlentang biasa lebih disarankan ketika bercinta saat hamil muda

Amankah Berhubungan Seks saat Hamil Muda? Ini Jawabannya!

Berhubungan seks saat hamil tidak membahayakan janin. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya, misalnya posisi bercinta, riwayat keguguran, dan pasangan menderita penyakit menular seksual.