27 Sep 2021, 12:51Kulit & Kelamin

Dampak kurang tidur pada tubuh

E
Info Penanya: E0
Assalamualaikum,, Dok saya mau tanya,, keseringan tidur larut malam, apakah dapat membuat muka kita menjadi jelek? Dan makan di atas jam 10 apakah dapat menaikan berat badan?
113 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat siang, ETidur adalah kebutuhan bagi setiap individu, biasanya setiap individu memerlukan tidur selama 6-8 jam sehari. Namun, pada beberapa individu tertentu, karena memiliki jam biologis yang berbeda, akibat kebiasaan, hanya memerlukan tidur selama 4-6 jam sehari. Tidur sangat penting bagi tubuh, karena ketika tidur, waktunya tubuh untuk beristirahat dan waktunya tubuh untuk memperbaiki dan peremajaan sel-sel tubuh.Pada keadaan kurang tidur, tubuh akan terbangun dengan perasaan lemas atau tidak merasa segar, dan tubuh akan mencari waktu kompensasi untuk menebus kekurangan tidur yang telah dialami. Pada keadaan yang berkepanjangan, akan banyak akibat yang terjadi pada tubuh bila kekurangan jam tidur.

Dampak kurang tidur :

  • kehilangan fokus dan sulit berkonsentrasi,
  • Penurunan daya ingat,
  • Perubahan suasana hati, seperti mood swing, mudah marah dan tersinggung,
  • Tubuh memproduksi hormon leptin dan ghrelin, kedua ini yang mengirim sinyal ke tubuh tentang rasa lapar dan kenyang, leptin yang mengatur sinyal bila tubuh sudah kenyang dan ghrelin yang mengirim sinyal lapar, fluktuasi ini yang menyebabkan rasa lapar ditengah malam, sehingga menyebabkan obesitas,
  • Kurang tidur membuat hormon insulin mengalami penurunan sensitifitasnya, sehingga menyebabkan obesitas dan diabetes,
  • Ketika tidur tubuh akan memperbaiki fungsi jantung dan pembuluh darah, ketika kurang tidur akan meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular,
  • Pada saat tidur, tubuh memproduksi sitokin, sitokin berperan dalam sistem kekebalan tubuh, kurang tidur akan menyebabkan kekebalan tubuh menurun, sehingga tubuh rentan terhadap penyakit,
  • Growth hormon akan bekerja saat tidur, ketika kurang tidur hormon ini akan terganggu dan menyebabkan gangguan pada pertumbuhan,
  • Dalam peranannya terhadap kulit, ketika kuranng tidur kulit akan kering atau dehidrasi dan akan lebih cepat keriput dan menua, karena saat tidur tubuh akan memperbaiki kerusakan sel kulit, serta akan memproduksi kolagen, kekurangan tidur akan menurunkan elastisitas kulit, sehingga mudah keriput dan kusam, dan pada keadaan kurang tidur akan menyebabkan mata oanda, atau lingkaran pada bawah mata yang menghitam.
Disarankan untuk memperbaiki kwalitas dan kwantitas tidur anda, untuk menghindari hal yang disebutkan diatas.

Cara meningkatkan kwalitas tidur :

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kwalitas tidur saat malam hari, seperti;
  • Tidur diwaktu yang sama setiap harinya,
  • Jangan tidur siang terlalu lama,
  • Matikan lampu ketika jam tidur,
  • Matikan televisi, handphone dan ganget lain yang dapat menggangu tidur,
  • Rutin berolahraga,
  • Hindari konsumsi minuman becaffein di sore dan malam hari,
  • Hindari makan malam yang terlalu kenyang, 
  • Gunakan essensial oil untuk membantu tidur,
  • Mendengarkan lagu pengantar tidur.
Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa
tidurwaktu tidurkurang tidur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil