26 Sep 2021, 23:09Penyakit Lainnya

Kesehatan

RA
Info Penanya: RA0
Slmt malam dok. Saya ingin bertanya , akhir akhir ini saya sering bak namun sedikit sedikit tetapi jika sudah bak masih terasa ingin bak lagi. Bbrpa minggu lalu ada rasa nyeri dan seperti ada tahanan saat bak, lalu saya pergi ke apotik membeli obat furosemid, memang bak tidak sakit tetapi terus menerus saya hanya mengkonsumsi satu tablet saja. Sempat membaik namun saat ini sering bak kembali namun tidak sakit
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi RABerkemih adalah salah satu aktivitas dasar harian untuk membuang berbagai zat sisa dan racun dari tubuh. Normalnya seseorang bisa berkemih antara 4-8 kali dalam sehari tergantung pula dari asupan cairannya dalam hari itu.

BAK tersendat dan sering

Buang air kecil yang tersendat atau sedikit-sedikit bisa disebabkan adanya sumbatan pada saluran kemih atau karena otot kandung kemih yang tidak berkontrasksi dengan baik. Hal ini sering dialami oleh orang-orang yang terkena infeksi saluran kemih atau batu saluran kemih dan bisa juga karena faktor usia tua hingga tumor atau kanker kandung kemih.Obat furosemid adalah obat diuretik yang digunakan untuk mengurangi kelebihan cairan pada jaringan atau organ. Penggunaan furosemid ini bisa memberikan efek frekuensi dan jumlah urin yang meningkat, namun mengkonsumsi furosemid bukan diperuntukkan untuk gangguan berkemih dan bisa berbahaya bila dikonsumsi tanpa anjuran dokter.

Mengatasi BAK Sering Dan Tersendat

Karena itu sebaiknya anda terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter urologi untuk mencari tahu penyebab keluhan sering buang air kecil dan rasa tidak tuntas. Sementara itu coba ikuti beberapa hal untuk mengatasi gangguan berkemih, sebagai berikut:
  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Berolahraga rutin dan senam kegel
  • Menjaga berat badan ideal
  • Mengatur jadwal berkemih setiap 3-4 jam sekali secara bertahap
  • Minum jus buah cranberry, nanas, atau buah-buahan lainnya
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
batu ginjalinfeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihsaluran kemihbatu saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil