11 Jun 2021, 03:34Kandungan

bagaimana jika hbsag positif saat hamil?

RH
Info Penanya: RH0
Dok usia kandungan saya baru 8 minggu. Dan kemarin saya tes darahh. Dan hasilnya hbasg reaktif.. Apa yg harus saya lakukan y dok ??
35 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,HBsAg adalah salah satu pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit hepatitis BHBsAg adalah kepanjangan dari Hepatitis B surface Antigen, beberapa gejala khas yang bisa terjadi pada penyakit hepatitis B adalah kulit dan mata menjadi kuning dan juga perubahan warna urine yang menjadi berwarna seperti teh.

Hepatitis pada ibu hamil

Pada ibu hamil, pemeriksaan HBsAg ini wajib dilakukan dan jika hasil dari pemeriksaan HBsAg Anda reaktif, kemunginan penyebabnya adalah Anda terinfeksi hepatitis B atau bisa juga karena adanya riwayat melakukan vaksinasi hepatitis B. Namun jika Anda tidak memiliki riwayat vaksin dalam waktu dekat sebelum pemeriksaan dilakukan, artinya Anda sedang mengalami penyakit hepatitis B dan kemungkinan dapat menular pada janin.Karena hasil reaktif tersebut, untuk sementara yang dapat Anda lakukan adalah konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kandungan Anda. Ibu hamil dengan HBsAg positif, menyebabkan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada bayi saat bayi dilahirkan dan pemberian vaksin hepatitis pada bayi, mungkin akan ditunda atau dipertimbangkan untuk tidak diberikan karena ditakutkan justru akan menyebabkan keparahan penyakit pada bayi.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
menjaga kehamilanmasalah kehamilanhepatitis b
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil