15 Mar 2021, 14:30Kandungan

Darah haid merah dan cokelat, apakah normal?

SM
Info Penanya: SM, Wanita0
Selamat siang dok, biasanya haid sy lancar dan berwarna merah tpi dulu pernah mengeluarkan darah haid coklat dulu diawal2 masa haid, dan yg sy ingin tanyakan sekarang sy sudah memasuki waktu haid dan darah sy dr kemaren merah ada coklatnya dan sekarang coklat saja dok. Kenapa ya dok klo seperti itu ?
142 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, SM.Haid atau menstruasi adalah proses keluarnya darah dari liang vagina. Idealnya, haid berlangsung selama 3-7 hari. Merupakan suatu hal yang wajar dan tidak perlu dicemaskan apabila haid diawali dengan bercak kecokelatan pada hari-hari awal. Memang begitulah proses haid yang normal dan alamiah.Setelah beberapa hari, darah haid akan berubah warna menjadi merah dan lebih deras. Kemudian, pada akhir-akhir haid, memang akan menjadi cokelat kembali, seperti yang Anda alami.Jadi, menjawab pertanyaan Anda, memang proses alamiah haid adalah seperti itu. Tidak ada sesuatu penyebab khusus yang perlu dikhawatirkan berlebih. Upayakan untuk senantiasa menjaga kesehatan organ reproduksi dan sistem hormon Anda, agar haid tetap teratur:
  • mengonsumsi makanan sehat, perbanyak sayur dan buah
  • menjaga berat badan agar di angka ideal
  • minum air putih sekitar 1.8-2.5 liter per hari
  • berolahraga secara teratur
  • tidur 7-9 jam pada malam hari
  • lakukan manajemen stres
Konsultasikan kepada dokter kandungan apabila ada permasalahan lain yang Anda ingin ketahui mengenai haid. Nantinya dokter akan melakukan tanya jawab dan pemeriksaan untuk menentukan apakah ini normal atau tidak; dan penyebab spesifiknya apabila tidak normal. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil