12 Mar 2021, 14:27Penyakit Lainnya

Batuk, pusing, tenggorokan sakit, cara mengatasinya?

DL
Info Penanya: DL, Wanita0
Hallo Dok. Mau Tanya nih.. Aku lagi batuk tapi sekali kali. Tapi ngga ada lendir. Kepala jg kaya pusing , tp ngga pusing banget. Lg Flu jg. Kalo pas Lagi Tiduran kok dada kaya berat gitu sama tenggorokan ada yg mengganjal gitu. Gimana dok. Minta pencerahan nya dong. Terimakasih
179 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam DL ,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Gejala batuk, pusing dan rasa mengganjal atau sakit di tenggorokan bisa saja Anda mengalami radang tenggorokan atau dalam istilah medis disebut dengan faringitis. Penyakit ini bisa disebabkan karena infeksi bakteri atau virus.Gejala dari faringtis adalah sakit tenggorokan, suara serak, demam, batuk, bersin, pusing, sakit kepala, mual muntah, dll. Jika muncul gejlaa susah bernafas, susah menelan, susah untuk membuka mulut, demam lebih dari 38 C, muncul benjolan di leher, keluar darah atau suara hilang, sebaiknya segera periksakan ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa cara untuk meringankan keluahan Anda :

  • Berkumur dengan air hangat dan garam 
  • Konsumsi makanan dan minuman hangat
  • Ciptakan udara rumah yang nyaman
  • Istirahat yang cukup minimal 6-8 jam/hari
  • Konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari
  • Hindari rokok dan asap rokok
  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Hindari aktivitas yang berat dan management stres dengan baik
Semoga bermanfaat,Salam sehat,Aisyah
sakit tenggorokanbatukpusing
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil