06 Mar 2021, 09:33Kandungan

Kartu KIS apakah bisa digunakan jika alamatnya berbeda?

AL
Info Penanya: AL, Wanita, 26 Tahun
hallo dok ! maaf sebelumnya saya mau tanya. Saya memiliki KIS lalu setelah menikah saya ikut keluarga suami alamatnya berbeda tapi kecamatan nya masih sama. Apakah KIS saya masih digunakan atau harus diperbarui ganti alamat sesuai tempat tinggal ? terima kasih
866 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam AL,Kartu Indonesia Sehat atau KIS adalah kartu jaminan kesehatan yang juga dikelola oleh BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, dimana dapat digunakan sesuai dengan ketentuan. Mulai dari pemeriksaan kesehatan sampai penanganan masalah kesehatan sesuai kondisi yang dialami baik di fasilitas kesehatan primer ataupun jika perlu dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut.Untuk pelayanan kesehatan dapat digunakan sesuai dengan fasilitas kesehatan pertama tempat terdaftar, kecuali apabila dalam keadaaan darurat bisa digunakan pada fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS.

Pembaharuan data peserta BPJS atau KIS

Apabila sudah menikah dan sudah berpindah KK untuk alamat sendiri perlu dilaporkan pada kantor BPJS setempat. Apabila KIS nya merupakan PBI atau penerima bantuan iuran statusnya, ada kemungkinan bisa tidak berlaku lagi dan bisa dialihkan pada peserta mandiri. Jadi perlu dipastikan lebih lanjut ya.Untuk itu ada baiknya bisa memperbaharui kartu keluarga, KTP dan segera melaporkan pada kantor BPJS setempat untuk dilakukan update data agar tidak ada masalah ketika memang sewaktu-waktu KIS tersebut perlu digunakan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
bpjs kesehatantips kesehatanpeserta bpjs
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil