Kesehatan kandungan sudah telat 6 hari

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 1 Tahun
Selamat sore dok, ini saya mau nanyak dok saya telat datang bulan udah 6 hari pas saya tespek negatif dok ini kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MS,

Terlambat haid memang terkadang adalah kondisi yang membuat khawatir, meskipun begitu tidak selalu terlambat haid disebabkan oleh hal yang berbahaya. Tidak jarang perubahan keseharian dan gaya hidup bisa menjadi faktor penyebabnya. Normalnya siklus menstruasi sendiri bisa terjadi antara 21 hari sampai 35 hari sekali. 

Apabila terlambat haid sudah 6 hari dan ada riwayat seksual sebelumnya tapi sudah dilakukan testpack hasilnya negatif, maka tidak perlu khawatir, bisa ulang pemeriksaan dalam 14 hari ke depan jika masih belum juga menstruasi.

Penyebab terlambat menstruasi

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab haid terlambat adalah:

  • Masalah nutrisi seperti diet yang tidak sehat
  • Penurunan berat badan yang drastis dan cepat
  • Adanya masalah ketidakseimbangan hormonal
  • Masalah kesehatan seperti gangguan tiroid
  • Masalah organ reproduksi 
  • Penyebab lainnnya

Unutk itu perhatikan kebiasaan sehari-hari dan terapkan gaya hidup sehat. Upayakan menjaga pola tidur, kelola stres, olahraga rutin dan periksakan diri jika nanti sampai 3 bulan tetap belum juga haid.

Bisa juga lakukan upaya lain untuk bisa melancarkan haid jika nanti dilakukan tespack ulang hasilnya tetap negatif. Beberapa cara yang bisa dilakukan dengan berolahraga, kelola pikiran ataupun minum bahan alami yang melancarkan haid seperti kunyit, jahe, kayu manis, cuka apel ataupun mengonsumsi nanas. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Tidak dapat diprediksi kapan akan datang, cara aman untuk mempercepat menstruasi adalah dengan minum pil KB atau vitamin c, berolahraga, atau kompres air hangat.