Amankah berhubungan selama menstruasi dan apakah tanda-tanda kehamilan?

LE Info Penanya: LE, Wanita, 21 Tahun
Hallo dok,saya mw bertanya saya tgl 18 ini menstruasi dan tgl 26 saya berhubungan intim semasa masih menstruasi kluarnya di luar di tgl 27 nya saya sering buang air kecil Apakah itu pertanda kehamilan dok? Mohon di jawab ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam LE,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pada prinsipnya kehamilan bisa terjadi saat sel telur di buahi oleh sperma, kondisi tersebut bisa terjadi saat masa subur atau masa ovulasi, saat sel telur keluar dan bertemu dengan sperma.

Perlu diperhatikan, berhubungan saat menstruasi merupakan keadaan dimana wanita sedang mengalami peluruhan sehingga tidak berada dalam masa subur. Sehingga peluang kehamilan sangatlah kecil atau hampir tidak ada.

Dampak berhubungan saat menstruasi adalah mudah tertular resiko penyakit menular seksual seperti HIV, silfis, gonorea, dan penyakit menular seksual lainnya.

Jika Anda khawatir atau curiga, beberapa tanda kehamilan yang dapat muncul, seperti :

  • Mual dan muntah
  • Terlambat haid
  • Nyeri atau kram perut
  • Badan mudah lelah
  • Sering kencing
  • Dan lain sebagainya

Setiap wanita tidak selalu pasti mengeluhkan gejala diatas, berbeda-beda tiap individu. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan, dokter akan melakukan anamnesa, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti USG jika diperlukan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bank sperma merupakan wadah bagi orang yang menyumbang dan mendonorkan sperma

Belum Kantongi Izin di indonesia, Apa Sebenarnya Bank Sperma?

Bank sperma mewadahi pendonor dan resipien sperma, dengan persyaratan dan komitmen sangat ketat. Biasanya, permintaan datang dari individu atau pasangan yang ingin memiliki keturunan.