Kenapa tidak bisa menahan BAK?

CC Info Penanya: CC, Pria, 21 Tahun
Mau tanya dok sudah seminggu lebih saya ndk bisa nahan BAK
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CC,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Anda mengalami gejala susah menahan buang air kecil, bisa saja mengalami inkontinensia urin. Inkontinensia urin merupakan keinginan untuk membuang air kecil terus -menerus tanpa bisa ditahan. Penyebab inkotinensia infeksi saluran kemih, iritasi, lemahnya atau terlalu aktifnya otot kandung kemih, adanya kerusakan saraf yang berfungsi untuk mengontrol kemih dari penyakit parkinson dan penyumbatan yang terjadi akibat pembesaran prostat laki-laki.

Pengobatan inkontinensia urine dilakukan berdasarkan penyebab, gejala yang muncul , serta tingkat keparahan gejala yang dialami. Beberapa pengobatan yang dilakukan adalah senam kegel bertujuan untuk memperkuat otot dasar panggul agar dapat meningkatkan kendali atas urine sehingga membuat otot dapat menahan lebih lama ketika Anda ingin buang air kecil. Perubahan gaya hidup seperti berhenti mengkonsumsi alkohol dan merokok, mengurangi konsumsi kafein. Makan makanan yang bergizi perbanyak sayur dan buah.

Namun jika keluhan buang kencing Anda tidak kunjung membaik sebaiknya diperiksakan lebih lanjut ke dokter spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh CC
10 Mar 2020, 11:36
Setiap kali habis BAK ±2 min udh mau BAK lg itu pun kluar nya jg lumayan banyak dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nokturia adalah kondisi sering buang air kecil di malam hari

Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Bisa Jadi Anda Mengalami Nokturia

Nokturia adalah kondisi medis yang membuat Anda sering buang air kecil di malam hari. Akibatnya, Anda bisa terbangun 2-6 kali dalam semalam. Nokturia dapat menyebabkan siklus tidur menjadi terganggu karena Anda harus sering terbangun untuk buang air kecil di malam hari.