Kenapa mimisan dan batuk berdarah?

SA Info Penanya: SA
Dok saya mimisan terus saya tidur krn saya ngantuk ketika bangun saya batuk dan ber dahak tapi keluar darah. Apakah tidak masalah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Mimisan adalah kondisi keluar darah dari hidung akibat adanya pembuluh darah yang pecah, yang bisa disebabkan oleh banyak hal.

Beberapa penyebab mimisan:

  • Pembuluh darah yang rapuh misal akibat demam tinggi.
  • Trauma hidung misal membersihkan hidung terlalu dalam.
  • Kanker nasofaring.

Perihal setelah mimisan, Anda berbaring tidur, dan setelah bangun tidur Anda mengalami batuk dan berdahak darah maka tentu saja hal tersebut bisa terjadi. Oleh karena itu ketika seseorang mimisan memang sebaiknya kepala posisi menunduk atau condong kedepan sembari batang hidung dipencet untuk menghentikan perdarahannya, bukan kepala menengadah ke atas.

Ketika Anda mimisan dan berbaring tidur, maka secara otomatis darah akan masuk ke tenggorokan, dan masuk ke lambung yang bisa memicu rasa mual. Keluhan mual ini bisa merangsang batuk, dan sisa darah yang ada di tenggorokan akan keluar sebagai dahak bercampur darah.

Sebaiknya minum air putih yang banyak, dan kumur menggunakan air garam. Bila terjadi mimisan kembali maka segera tekan batang hidung atau kompres dengan es batu. Bila keluhan mimisan berlangsung lebih dari 15 menit, maka sudah waktunya periksa ke Rumah Sakit terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku

Darah Tak Kunjung Berhenti Saat Terluka? Waspadai Gejala Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku. Selain faktor keturunan, hemofilia dapat disebabkan oleh kanker, penyakit tertentu, dan kondisi autoimun.